MAN 2 (Kota Malang) Alhamdulillah Prestasi Olimpiade kembali ditorehkan siswa MAN 2 Kota Malang (ex. MAN 3 Malang). Kali ini prestasi di raih 2 siswa, Arkananta Rasendriya kelas X IPA 8 dan Nadhifa Aqila Husna kelas XII IPA 6 yang telah memperoleh juara 1 dalam kompetisi Engineering Physics Challenge (EPC) yang dilaksanakan pada Sabtu (3/2) di ITS Surabaya. Keberhasilan di EPC kali ini, kedua siswa mendapat dana pembinaan 7,5 juta dan golden ticket (Free past) masuk ke teknik fisika ITS dan juga piala Walikota Surabaya.

EPC 2018 ini merupakan ajang olimpiade tahunan tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Fisika ITS bagi siswa siswi SMA/sederajat, dengan tujuan untuk mengasah kemampuan dalam bidang ilmu fisika dan engineering dan untuk menggali potensi diri generasi muda indonesia dengan mengedepankan semangat dalam dunia teknologi dan sains untuk pembangunan dunia industri.

Dalam kesempatan testimony dari Arkananta Rasendriya , menyampaikan bahwa EPC ini prosesnya cukup panjang, melalui penyisihan on line tgl 28 Januari dengan soal yang diujikan adalah soal soal SBM dan olimpiade, kemudian yang lolos penyisihan dilanjutkan perempat final tgl 3 februari dilaksanakan di ITS dengan soal 10 uraian dengan 5 fisika murni dan 5 lainya soal penerapan dalam tekhnologi, setelah itu peserta melakukan studi laboratorium. Kemudian lolos menuju semifinal langsung dilaksanakan dengan bermain jual beli soal yang terbagi menjadi 3 soal dengan tingkat kesulitan, harga dan poin yang berbeda. Setelah lolos ke Final, esoknya tanggal 4 Februari diadakan 5 tes pratikum dan dipresentasikan serta cerdas cermat, dan Alhamdulillah poin akhir 70 % sebagai nilai tertinggi dari seluruh peserta final,” jelas Arka.

Sebelum mengakhirinya, Arka menitipkan kata kata bijaknya,” Bila Allah SWT telah menakdirkan suatu jalan yang dimata kita hampir tidak mungkin, maka bisa jadi itu malah menjadi kenyataan, begitu juga sebaliknya.”

Berikut nama2 sekolah yang mendapatkan juara :

Juara 1 MAN 2 kota malang

Juara 2 SMA Mawar sharoon

Juara 3 SMA Taruna Nusantara

Juara 4 SMAKr Petra 1 Surabaya

Juara 5 SMAN 5 Surabaya

(Swin/Arka)

Written by 

Related posts