MAN 2 (Kota Malang) – Sabtu kemaren (3/2), sebanyak 314 siswa MAN 2 Kota Malang (ex. MAN 3 Malang) mengikuti Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Program madrasah yang dikemas dalam kegiatan outbound ini wajib diikuti seluruh siswa Kelas XII. Acara outbound ini bertujuan untuk memberikan motivasi untuk persiapan pemantapan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional tahun 2018. Acara dilaksanakan selama dua hari, mulai sabtu dan minggu di Applesun Learning Center Kali Watu Kkota Batu.

Kegiatan outbound yang diikuti siswa selama 2 hari ini, selain didampingi seluruh unsur pimpinan, juga hadir seluruh walikelas masing masing kelas yang bertugas mendampingi siswa mulai persiapan pemberangkatan hingga selesainya outbound.
Jadwal kegiatan yang disusun oleh panitia selama 2 hari diantaranya, hari pertama mulai pembukaan kegiatan, ice breaking dilanjut ESQ hingga berakhir dengan makan jagung bakar bersama, sedangkan acara hari kedua mulai dengan jalan-jalan bersama hingga outbound.

Dalam sambutan pembukaan outbound, Wakil Kepala Kurikulum Drs. H. Suwajito menyampaikan ” bahwa kegiatan outbound ini adalah salah satu dari beberapa program kurikulum untuk mensukseskan ujian nasional dan kegiatan lainya Insyaallah akan dilaksanakan secara periodik hingga menjelang ujian nanti,” ucap Pak Jito panggilan akrabnya. Wakakur juga berpesan seluruh siswa diharapkan dapat mengikuti seluruh rangkaian outbound hingga usai dengan baik, dan setiap peserta pelatihan pengembangan sumber daya manusia lewat outbound ini akan di kemas dalam wisata adventure dengan pilihan rafting, kegiatan outbound training, gathering, fun outing dll. Namun karena kegiatan ini dilakukan selama 2 hari, maka hanya beberapa pilihan yang paling pas untuk menunjang kegiatan outbound kali ini. Diantaranya kegiatan outbound , rafting, fun outing dan ESQ,” ucap beliau.

Usai pembukaan dilapangan selesai para peserta bersih diri untuk mengikuti jadwal kegiatan berikutnya, sholat magrib berjamaah, setelah itu makan malam dan dilanjutkan persiapan sholat Isya’ berjamaah. Sehabis ishoma malam, tepat pukul 19.30 WIB para peserta menuju aula untuk menghadiri class motivation sekaligus pengarahan dari panitia. Dalam sesi class motivation dikemas dalam ESQ  (Emotional spiritual quostient), para siswa sangat antusias mengikuti sang motivator yang dipimpin Ireng Santoso.. Ada sekitar tiga motivator yang mendampingi peserta. Suasana cukup meriah saat mengawali sesi ini,dengan iringan musik sambil tepuk tangan dan mengepalkan tangan membuat para peserta tambah semangat dan gembira. Sebelum mengikuti sesi yang sesungguhnya. Selama class motivation berlangsung, peserta diajak untuk fokus, konsentrasi tidak boleh keluar masuk dan sesekali diajak berinteraksi dengan motivator dengan canda ala anak muda sekarang.

Sehabis ikuti sesi class motivation, peserta di suguhi jagung manis bakar. Tepat pukul 22.00 WIB acara class motivation sudah berakhir, selanjutnya pengarahan untuk acara hari kedua.Sebelum para peserta tidur malam, saat keluar aula peserta sudah disuguhi jagung manis bakar yang sudah siap untuk dimakan sembari ke ruang istirahat masing-masing.

Hari kedua, para peserta sehabis sholat subuh, jalan-jalan dan makan pagi, setelah itu saatnya mengikuti outbound. Pada sesi kali ini dibagi beberapa kelompok permainan, para peserta terbagi dalam kelompok, setelah itu, para trainer masing masing kelompok sudah siap di lapangan maupun ke tempat khusus permainan outbound yang dimiliki Kaliwatu.. Peserta mendengarkan guyonan yang dilontarkan dengan gaya familiar membuat suasana kian akrab. Setelah 15 menit pengarahan, permainan pertama dimulai.

Di lapangan rumput yang cukup lapang, peserta berkumpul dengan formasi lingkaran. Tidak ada perbedaan lagi di permainan ini, Semua peserta diajak bergembira dan bersenang-senang dengan beragam permainan out bond. Sekilas permainannya simpel dan sepele tetapi kesemuanya mengandung filosofi dan makna. Dalam setiap permainan tersebut, para peserta dituntut mempunyai etos kerja dan kerjasama yang tinggi.

Dalam permainan melempar bola misalnya, peserta wajib menghafal nama buah dan rentetan aksi yang sama. Disaat kita menerima bola kita lalu mengucapkan buah apa dan ini terus diberikan pada teman-teman sebelahnya, uniknya nama buah itu hanya satu orang yang tahu nama buah yang tadi diberikan. Game bola ini dinamai dengan macam-macam buah Suasana permainan out bond yang bikin otak fresh Permainan selanjutnya tak kalah menantang. Kerjasama, taktik, dan kekompakan menjadi syarat utama untuk menaklukan permainan ini. Bagaimana tidak? seluruh peserta dibagi dalam kelompok/team, dan masing-masing team harus merakit mirip meriam bola tanpa menancapkan properti pada tanah. Juga ada game baru, menuangkan air di ember yang ditarik dengan tali, hal ini menumbuhkan ledership

Pertama melihat, peserta sudah merasa putus asa. Tapi setelah bekerja sama dengan semangat empat-lima, saling menopang dan memberikan semangat demi membentuk sebuah meriam yang dimaksud trainer. Setelah pergelutan panjang akhirnya para team tadi dapat membuat meriam bola dalam waktu yang telah ditentukan, meskipun secara kwalitas nampak setiap kelompok berbeda-beda. Tak ayal sorak sorai pun menggema dan setiap team larut dalam euforia bahagia.

Tiga permainan lain masih menunggu, yang pertama adalah panjat tali. Melihat anyaman tali yang dibentangkan di tiang setinggi 5 meter para peserta bergantian mencobanya, tapi ada juga sebagian peserta yang memang phobia
ketinggian, sehingga ketika dipaksa memanjat tali, mereka tidak mampu menunaikanya. Permainan selanjutnya juga masih seputar climbing skill. Kali ini berjalan di atas tali yang disimpul kencang ditiang besi setinggi 5 meter. Sepintas tampak mengerikan, tapi saat mencoba ternyata mengasikkan. Bahkan ada peserta yang ketagihan hingga merayu pemandu untuk diizinkan lagi meniti di atas tali. Aktifitas permainan yang paling ditunggu yakni Flying fox , meluncur di ketinggian dengan tali dibadan.

Peserta nampak sangat excited saat mengantri game ini. Pertama kita harus menaiki tangga yang bermuara pada pohon besar, kemudian dibantu pemandu, setiap peserta harus menghubungkan tali yang sebelumnya sudah diikatkan di pinggul dengan simpul yang terkait kuat dijalur flying fox. Lalu dalam hitungan ke tiga, seketika pemandu melepas peserta dan membiarkannya meluncur cepat menuruni tebing dan berakhir di bawah sana. Jeritan peserta selalu membahana seirama luncuran tali. Usai flying fox dan game lainya peserta kembali digiring ke base camp untuk ISHOMA.

Sementara itu untuk sholat peserta selama 2 hari ini, peserta laki diwajibkan sholat di musholla yang berdiri megah mencuat ke jalan raya, sedangkan peserta perempuan sholat berjamaah dalam aula. Setelah makan dan sholat, peserta diarahkan menuju tenda teras disana sudah disiapkan makan siang prasmanan menu khas desa yang sudah siap untuk di nikmati.

Usai makan siang dan mengemasi barang bawaan, para peserta, wali kelas dan seluruh panitia berkumpul diparkiran untuk persiapan pulang kembali ke Kota Malang.
Alhamdulillah sekitar jam 15.30 WIB seluruh rombongan sudah tiba di MAN 2 Malang.(swin)

Written by 

Related posts