Kota Malang (MAN 2) – Siang ini (3/4) seluruh guru MAN 2 Kota Malang  mengikuti kegiatan koreksi bersama hasil Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) tahun pelajaran 2017/2018. Koreksi bersama ini diadakan di aula PSBB MAN 2 dan dilakukan secara internal Madrasah dan diikuti oleh semua guru mata pelajaran. Seperti diberitakan sebelumnya, pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun pelajaran 2017/2018 dilaksanakan mulai tanggal 19 – 24 Maret dan 2 April 2018. Dalam kegiatan koreksi USBN MAN 2 Kota Malang, terlihat para guru sangat serius dalam mengoreksi lembar jawaban siswa. Setiap lembar dilihat dengan sangat teliti, bahkan ada salah satu guru yang kami pantau sampai berulang kali mengecek jawaban siswa. Hal ini tidak terlepas dari adanya soal esay  yang membuat para korektor bekerja sangat ekstra. Adapun lembar jawaban obyentif atau pilihan ganda dilakukan dengan menggunakan mesin scanner.

Seperti yang disampaikan Ketua Panitia UN, USBN, UAMBN tahun 2018, Moch Jasa bahwa pelaksanaan koreksi bersama lembar jawaban USBN ini dilakukan dengan berakhirnya pelaksanaan USBN hari ini, Untuk sistem koreksi ini dilakukan dengan sistem silang, yaitu hasil koreksi dari korektor pertama akan di koreksi lagi oleh korektor kedua. Setelah itu kedua hasil koreksi tersebut akan disatukan dan dirata-ratakan,  dan itulah yang akan menjadi hasil akhir dari penilaian. Sementara kegiatan koreksi bersama ini dilaksanakan hanya satu hari sehingga korektor harus tetap serius dalam mengecek dan melihat jawaban siswa,” kata Pak Jas, panggilan akrabnya.

Adapun mata pelajaran Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun pelajaran 2017/2018 ini antara lain, Jurusan IPA bahasa Indonesia, PPKN, PJOK, Sejarah Indonesia, Fisika, Kimia, Biologi, Prakarya Kewirausahaan, TIK/Matematika dan Mapel Lintas Minat, sedangkan Jurusan  IPS Bahasa Indonesia, PPKN, Sejarah Indonesia, PJOK, Seni Budaya, Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi Prakarya Kewirausahaan, TIK/Matematika dan Mapel Lintas Minat Selanjutnya Jurusan Bahasa, Bahasa Indonesia, PPKN, PJOK, Matematika, Sejarah, Bahasa Inggris, Antropologi, Bahasa Asing, Prakarya Kewirausahaan, TIK/Matematika dan Mapel Lintas Minat dan Jurusan MAKBI/Keagamaan Bahasa Indonesia, PPKN, Matematika, Sejarah Indonesia,   Ilmu Tafsir, Aqidah, ushul fiqih, fiqih,  PJOK, Bahasa Inggris, Prakarya Kewirausahaan, dan Mapel Lintas minat.

Hasil dari Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun pelajaran 2017/2018 ini nantinya memberikan porsi kebijakan Madrasah untuk melihat sejauh mana hasil yang didapat setiap siswa dalam rangka menentukan kelulusan. (Swin)

Written by 

Related posts