Kuala Lumpur Malaysia (USIM) –  Usai sudah kegiatan Jambore Islamic Global School Network (i-GSN) di USIM Malaysia. Sebanyak 84 Peserta The i-GSN asal MAN 2 Kota Malang telah mengikuti program i-GSN dengan antusias dan bersemangat. Jambore ini merupakan undangan langsung dari USIM ‘Alamiyyah bidang kerjasama luar negeri  yang berlangsung mulai tanggal 9 sampai dengan 14 April 2018. Kegiatan USIM ‘Alamiyyah dengan Visinya “ Leader in the integration of naqli and aqli knowledge” mengadakan program Islamic Global School Network (i-GSN) Jamboree tahun 2018 ini, telah diikuti 8 lembaga dari 2 negara diantaranya MTsN 3 Jombang, MAN 2 Kota Malang, Darunnajah Putra, Pondok Karangasem Lamongan, SMAIT peradaban Al Izzah kota Sorong Papua barat.Pesantren Putri AL-MAWADDAH, Pesantren Assalam Sukabumi, Darunnajah Jakarta dan Madrasah Singapore.

Jadwal hari pertama Jambore Islamic Global School Network (IGSN) adalah kegiatan Ice Breaking, yaitu acara aktivitas yang bertujuan agar peserta mengenal peserta lainya dan merasa nyaman dengan lingkungan barunya. kegiatan ini diisi menentukan kelompok, membuat bendera kelompok, nama kelompok, kegiatan berupa informasi, dan juga diisi permainan sederhana. Pada ice breaking, dilaksanakan mulai pagi hingga sore, dan kegiatan ini menjadi momen yang efektif untuk memfasilitasi kegiatan selanjutnya, bahkan kesuksesan sebuah acara secara keseluruhan. Kemudian malam harinya di lanjutkan dengan opening ceremony yang dihadiri para pejabat dari USIM dan seluruh peserta i-GSN 2018.

Esoknya, hari ke dua kegiatan Sharing Mahasisiwa USIM, masak bersama dan observasi lapangan. Sebagai salah satu rangkaian i-GSN, para peserta diajak melakukan kunjungan ke beberapa jurusan di USIM. Para peserta tersebut terbagi dalam beberapa kelompok untuk disebar ke sejumlah jurusan di kampus USIM. USIM ‘Alamiyyah Malaysia ini menjadi salah satu perguruan tinggi yang mahasiswanya mampu menguasai 3 bahasa, yakni bahasa Melayu, bahasa Inggris, dan bahasa Arab, sehingga dalam pengenalan kampus Naqli and aqli ini seluruh peserta sangat mudah untuk menyerap dan memahami semua informasi yang disampaikan panitia pendamping kelompoknya. Usai pengenalan kampus seluruh peserta diajak ke lapangan stadion USIM untuk mengikuti permainan game yang sudah di infokan sebelumnya.

Kemudian acara dilanjut dihari ke 3, yakni acara “Hiking Bukit Melati” yang Lokasinya terletak di Desa Melati, Nilai Negeri Sembilan. Peserta sejak pagi pukul 7 pagi sudah dijemput bus untuk menuju lokasi tersebut. Sesampai diparkiran, para peserta diajak kelapangan untuk mengikuti briefing para leader dan tim agar peserta dapat mencapai satu tujuan dan target, dalam mencapai satu visi, satu misi, dan satu bahasa kerja, sehingga peserta saling tahu dan fokus dalam mengikuti rangkaian hiking. Usai briefing seluruh peserta i-GSN menaiki bukit melati, dan diperkirakan ketinggianya 2000 meter. Bagi peserta yang kurang sehat atau mempunyai penyakit asma tidak diperkenankan mengikuti kegiatan hiking ini. Perjalanan mendaki yang cukup melelahkan dilalui dengan semangat dan suka cita seluruh peserta. Sesampai dipuncak bukit peserta merasakan kebanggan yang luar biasa telah menaklukan bukit melati yang sudah menjadi kegemaran para aktivis turis luar negeri mendaki di bukit ini, bahkan para lansia nampak ada yang mendaki dibukit ini. Selepas puas mengabadikan di puncak Bukit Melati, para peserta mulai turun dari puncak bukit menuju parkiran bus yang sudah menunggu sepanjang hari. sepanjang trek dibukit melati ini, naik turun dapat dilalui peserta dengan baik, sehingga seluruh peserta hiking dapat menaklukan secara sempurna, tidak terkecuali 81 siswa MAN 2 Kota Malang dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, hingga keberhasilan pendakian ini dirayakan dengan menyanyi bersama seluruh peserta.

Usai hiking, para peserta diantarkan ke penginapan masing masing untuk Ishoma dang anti pakaian. Malam harinya para peserta mengikuti gala dinner dan persembahan budaya masing masing daerah, hadir acara tersebut rector usim Dato Prof. Dr Musa Ahmad dan para pejabat strukturalnya. Para petinggi USIM ‘Alamiyah bangga melihat penampilan dari 8 lembaga peserta i-GSN, antara lain List of the cultural performance tonight, MTsN 3 Jombang calung music, MAN 2 KOTA Malang Saman Dance ( female),MAN 2 Kota Malang (Male) Voice, Darunnajah Putra, Drama Kolosal, Pondok Karangasem Lamongan Puteri  Tarian Kontenporer , Pondok Karangasem Putera Music terbang, SMAIT peradaban Al Izzah kota Sorong Papua barat, Tari hombelo dan nasyid, Pesantren Putri AL-Mawaddah  Indonesia menari, Pesantren Assalam Tari Madhinan, Darunnajah Putri Tari dan puisi.

Pada hari 4, peserta diajak Wisata ke Kuala lumpur Malaysia. Kegiatan wisata ini selain refresing bagi peserta, juga bisa menambah wawasan pengetahuan destinasi Internasional seluruh peserta. Kuala Lumpur (KL) memang sudah menjadi tujuan wisata favorit bagi banyak orang yang berkunjung ke Malaysia. Dalam kunjungan tersebut, para peserta i-GSN diajak ke Putrajaya,  pasar seni dan menara kembar petronas selama seharian hingga pukul 10 malam tiba di penginapan.

Hari ke 5, closing ceremony  i-GSN digelar dengan menghadirkan seluruh panitia dan peserta, hadir pada penutupan acara Wakil Rektor Dato Dr Zulkifli Bin Abd Ghani. Bertempat di Aula, para tamu undangan pejabat, peserta dan panitia terlihat mulai berdatangan sejak pukul 7.30. Selain acara penutupan juga penghargaan kelompok yang telah mengikuti beberapa lomba-lomba terkait dengan ilmu pengetahuan, kesenian, profil kelompok yang telah mengikuti program i-GSN2018. Semua kelompok hampir semuanya mendapat hadiah yang telah disiapkan panitia, tidak terkecuali para pendamping sekolah yang telah mengikuti secara aktif mulai dari awal hingga akhir kegiatan, dalam acara tersebut Mr. Ahmad Thohir Yoga mewakili sambutan dari seluruh peserta i-GSN.

Usai mengikuti rangkaian jamboree i-GSN USIM ‘Alamiyah, hari ke 6 sebanyak 81 siswa diberikan kesempatan refresing 1 day Singapore, untuk melihat keragaman budaya, destinasi wisata dan tentunya kemajuan  negara tersebut. Kemudian esok pagi harinya seluruh siswa MAN 2 Kota Malang bersama 3 pendamping yang sudah packing sejak subuh, pukul 8 pagi menuju Bandara KLIA. Alhamdulillah 3 pendamping dan 81 siswa tiba di MAN 2 Kota Malang dengan selamat pukul 22.00 Wib. (Swin)

Written by 

Related posts