Kota Malang (MAN 2) – Sebuah pertunjukkan spektakuler dari civitas akademika MAN 2 Kota Malang yang dikemas dengan konsep pentas seni. Seluruh civitas malam itu mendapat hiburan dari siswa kelas X dan XI MAN 2 Kota Malang yang telah sukses mempersembahkan “Art Show” yang dipersembahkan untuk kelas XII yang akan lulusanya akan diumumkan hari ini. Kegiatan pentas seni yang menjadi program rutin ini dinamakan Art Show 2018 yang dilaksanakan Rabu (2/5) di mulai pukul 8 malam dibuka langsung Kepala MAN 2 Kota Malang Dr. Hj. Binti Maqsudah, M.Pd. Desain dekor panggung Art Show yang dikerjakan siswa sendiri selama sebulan ini berkonsep Asia Eropa, dan malam itu ditambah sarana laghting yang apik, semakin menambah kemegahan suasana malam itu.  Kegiatan Art Show 2018 kali ini, mengangkat tema Traveling Around The World.

Sementara itu Ahmad Thohir Yoga, M.Pd, MSc selaku Ketua SC mengatakan, bahwa tema Art Show tahun ini yang membawa dunia internasional, menggambarkan semangat civitas MAN 2 Malang untuk go internasional. “Art Show selalu kita gelar dengan konsep internasional, berbagai seni dan budaya dari banyak negara anak-anak tampilkan dalam kegiatan ini,” ujar Mr Yoga panggilan setiap harinya.

Diantaranya yang ditampilkan, ada seni budaya Cina, Jepang, Eropa, Amerika, dan Timur Tengah.  Seluruh siswa yang tampil penuh ekspresi dan sukses memukau seluruh penonton yang hadir. Bahkan sesi pembukaannya saja cukup membuat panggung berguncang dengan perpaduan konsep Cina dan Eropa.  Kemudian berbagai atraksi dua barongsai di acara pembukaan malam itu ditambah nyala kembang api yang meletup di tengah penampilan sesi pembukaan, membuat acara semakin berwarna dan meriah. Meskipun demikan, Yoga juga selaku ketua LDC menyampaikan bahwa nilai-nilai budaya domistik yang Islami tidak dilupakan untuk ditampilkan. Seni budaya lokal juga ditampilkan siswa, sebagai tanda akan cinta terhadap nusantara, dan kegiatan “Art Show ini merupakan ajang pentas seni, sebagai persembahan untuk kelas XII yang sudah studi selama di madrasah,” kata dia.

Kepala MAN 2 Kota Malang,  Dr. Hj. Binti Maqsudah, M.Pd menyampaikan, bahwa kegiatan Art Show dengan tema traveling around the world merupakan simbol bahwa MAN 2 Kota Malang siap mendunia. Berawal dari pengetahuan tentang budaya negara lain, siswa madrasah Jalan Bandung ini telah mampu bersaing dan berkompetisi dengam siswa luar negeri. Malam ini kami tidak hanya menampilkan di bidang akademik saja, tapi juga non akademik,” ungkap beliau. Semangat go internasional telah ditunjukkan MAN 2 Kota Malang dengan puluhan lulusannnya yang melanjutkan ke luar negeri.  Diantaranya Jepang, Australia, Jerman, dan Negara Timur Tengah, termasuk siswa lulusan tahun ini.

Hj. Binti menambahkan, di Era Kecerdasan Buatan, MAN 2 Kota Malang juga harus ambil bagian. Apalagi saat ini MAN 2 Kota Malang telah memiliki pengembangan diri ekstra kurikuler robotika. Jika dikembangankan dengam bagus program ini sangat berpotensi untuk bersaing. “Motivasi kami maju di berbagai bidang. Selain sanggup juara di berbagai kompetisi seperti KSM dan OSN, kami juga ingin unggul di bidang IT dan robotika,” imbuhnya. Kepada para lulusan, Ibu Binti juga berharap kemana pun alumni MAN 2 Kota Malang berada,  baik di kampus maupun di tengah masyarakat, tetap kokoh iman. Dengan tidak melupakan ibadah, serta menjunjung tinggi akhlakul karimah.
“Karena itu simbol madrasah, yang mengedepankan nilai iman dan akhlak,” tegas beliau.

Pada awal penampilan acara Art Show, dibuka dengan Tarian Matsuken Samba II. Penampilan perdana ini yang membuat surprise sekitar 1000 lebih yang hadir saat itu, kerena tarian tersebut di perankan 10 orang yang kesemuanya adalah guru pegawai MAN 2 Kota Malang, dengan gaya tarian di padu dengan menyanyikan lagu Matsuken Samba II dan berbusana kimono merah, hijau dan kuning emas, para guru pegawai yang hanya latihan seminggu nampak menghibur tamu undangan dengan gaya menari dan langkah-langkah samba serta hip bergoyangnya. Penampilan tarian-lagu Tarian Matsuken yang malam itu tampak sangat glamor dan mencolok. Kemudian disusul rangkaian seni yang lainya, diantaranya Seni drama, tarian, dan barongsai hingga acara berakhir berakhir pukul 12 malam dapat berjalan dengan baik dan lancar. (Swin/imm)

 

Written by 

Related posts