Kota Malang (MAN 2)- Usai kegiatan Penilailan Akhir Tahun (PAT) tahun pelajaran 2017/2018, sebanyak 536  siswa MAN 2 Kota Malang kelas X dan XI wajib mengikuti kegiatan pondok romadhon (Ponram) 1439 H. Pondok Romadhon dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 6 sampai dengan8 Juni 2018. Pondok Romadhon yang dilaksanakan di Aula MAN 2 Kota Malang ini dilaksanakan terpisah antara kegiatan ponram 199 putra dilaksanakan tanggal 6 dan 7 juni, sedangkan ponram Putri yang berjumlah 337 siswa dilaksanakan tanggal 7 juni sampai dengan tanggal 8 juni 2018. Opening ceremony Pondok Ramadhan dibuka oleh Ustadz Gunawan MA selaku penanggung jawab, dengan mengambil tema “Membentuk Kemantapan Ubudiyah Kedalaman Spiritual dan Kemuliaan Akhlaq.

Ustadz Gunawan yang juga sebagai wakil kepala bidang sarpras MAN 2 Kota Malang dalam sambutanya menyampaikan kepada ponram putra, bahwa pondok romadhon ini merupakan kesempatan berharga,  dengan tema yang diusung, paling tidak ada 3 nilai luhur yang didapat peserta, diantaranya pertama Ubudiyah  dengan materi intinya thoharoh dan sholat, ini sangat penting untuk pendalaman siswa dalam mensikapi perbedaan dalam melaksanakan ibadah, kemudian ke dua Pemantapan Spiritual dalam aktivitas sehari hari dimanapun kita berada, bukan hanya dimasjid atau dikelas saja, ketika berada di masyarakat, ke dua Spiritual itu ruhnya adalah lilahi taala ibadah kepada Allah SWT semata, kemudian ketiga adalah Kemuliaan Akhlak, kita diwajibkan mentaati dan melaksanakan dengan baik, karena ini sebagai salah satu ikhtiar dalam membentuk karakter dan kebiasaan yang mulia.” jelas Usgun panggilan akrabnya. Sebelum dan sesudah sambutan tak henti hentinya usgun mengajak ponram putra untuk memekikan kalimat Tasbih, tahmid, takbir, yang langsung diikuti seluruh hadirin yang ada di aula MAN 2 Kota Malang.

Pada pondok romadhon ini panitia telah membentuk kelompok-kelompok untuk mempermudah jalanya rangkaian kegiatan, dan juga mempermudah data pemondokan peserta ponram. Kemudian selama Ponram dilaksanakan seluruh peserta mendapatkan materi materi keagamaan, dan agar tidak membosankan para peserta, panitia juga  mengadakan kegiatan lomba-lomba. Semoga kegiatan Pondok Romadhon ini, dapat  menjadikan kita menjadi lebih baik. (Swin)

Klik disini : Susunan Acara Ponram 2018

SUSUNAN ACARA PONRAM 2018 1439 H doct

 

 

 

Written by 

Related posts