Pendampingan Penyusunan RKM MAN 2 Kota Malang Bersama Dr. Suprat, M.Ed

Kota Malang (MAN 2)- Sabtu pagi (28/7) ini bertempat di Aula PSBB MAN 2 Kota Malang, Dr. Suprat M.Ed memberikan pendampingan penyusunan Rencana Kerja Madrasah (RKM) MAN 2 Kota Malang. Kegiatan tersebut diikuti oleh Kepala Madrasah Dr. Hj. Binti Maqsudah, M.Pd dan 24 pendidik, tenaga kependidikan yang masuk dalam tim perumusan 8 standart, yaitu Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan Pendidikan dan Standar Penilaian Pendidikan. Seminggu sebelumnya, Kepala Madrasah  dan seluruh  Guru, pegawai bersama komite madrasah telah menyiapkan dan mengkonsep ide-ide mengenai kebijakan-kebijakan pendidikan, wawasan pengembangan pendidikan, dan perumusan RKM.

Hj. Binti Maqsudah Kepala MAN 2 Kota Malang dalam sambutanya menyampaikan,”  RKM merupakan rencana madrasah dalam menyusun berbagai program yang kita buat berdasartkan kebutuhan riil madrasah. Maka dari itu untuk menunjang keberhasilan civitas dan studi lanjut siswa diperlukan gagasan untuk menuju perubahan atau tujuan madrasah yang lebih baik. Penyusunan RKM yang saat ini kita laksanakansebagai acuan untuk mengidentifikasi & mengajukan penunjang pendidikan yang diperlukan, Setelah selesai penyusunan Raker penyusunan RKM ini nanti akan kita harapkan untuk segera di plenokan dengan mengundang semua guru, karyawan serta komite madrasah,”” ucap Kamad.

Sementara itu Dr. Suprat , M.Ed yang diundang khusus sebagai pendamping penyusunan RKM MAN 2 Kota Malang, tahun ini, banyak mengupas tentang bagaimana merumuskan dan cara mengidentifikasi kompetensi siswa dalam pengembangan diri. Sebetulnya dalam penyusunan RKM di semua madrasah hampir sama, namun saat ini setiap madrasah diperlukan model knowledge yang didukung melalui proses inovasi learning  yang dilakukan para guru dan siswa, selama ini MAN 2 Kota Malang sudah melakukanya, namun perlu ada tambahan dan tentunya perlu ditingkatkan dalam berinovasi.” Ucap Suprat . Diawal paparanya, alumnus Doctor Flinders university in Australia ini, H. Suprat mengajak berfikir peserta raker,” Kita siapa dan menghasilkan apa ?, setelah itu paparan yang sangat dalam mengenai bagaimana proses learning yang dilakukan guru dan siswa dalam mengawal kurikulum saat ini. Keberhasilan tergantung kerja keras kita dalam berinovasi,” Ucap beliau.

Penyusunan rapat kerja madrasah ini, akan menghasilkan Pedoman Madrasah untuk dijadikan dasar civitas akademika MAN 2 Kota Malang melaksanakan pengembangan inovasi pendidikan, program unggulan dan pengembangan kompetensi SDM tahun pelajaran 2018/2019.  (Swin)

 

 

Written by 

Related posts