Kota Malang (MAN 2) – Musyawarah Penegak (MUSTEGAK) MAN 2 Kota Malang Gugus Depan 01007-01008 adalah merupakan forum tertinggi para Pramuka Penegak dibawah bimbingan pembina Penegak. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14 September di ruang Multimedia MAN 2 Kota Malang diikuti oleh 48 peserta. Musyawarah yang dilaksanakan setiap 1 tahun sekali ini merupakan wadah bagi pengelolaan berbagai aspek kehidupan Ambalan kedepan.

“ MUSTEGAK merupakan media pendidikan yang memberikan pengalaman langsung kepada para penegak untuk menerapkan prinsip-prinsip demokrasi, musyawarah untuk mufakat, menggunakan hak suara dan hak bicara secara sopan, efektif dan argumentasi, serta prinsip-prinsip pengambilan keputusan demokrasi transparan, “ ujar kak Faisal selaku pembina Pramuka MAN 2 Kota Malang disela-sela kegiatan tersebut.

Acara ini dimulai dengan pembukaan yang dilanjutkan dengan persidangan. Sidang pendahuluan dilakukan dengan membacakan tata tertib MUSTEGAK. selanjutnya adalah laporan pertanggungjawaban dewan ambalan periode sebelumnya kemudian pengesahan laporan pertanggungjawaban dan pernyataan demisioner dewan ambalan. Berikutnya adalah sidang komisi yang terdiri dari komisi A (pembahasan tentang keorganisasian ), komisi B (pembahasan tentang program kerja), komisi C (pembahasan tentang keadaan / aspek kehidupan Ambalan). Setelah melaksanakan sidang komisi dilanjutkan dengan presentasi hasil sidang komisi berikut pandangan umum peserta sidang tentang presentasi  hasil sidang komisi yang kemudian akan dirumuskan oleh tim perumus.

Sidang pleno 3 membahas pemilihan ketua dewan ambalan dan pemilihan tim formatur untuk membentuk dewan ambalan periode selanjutnya. Kegiatan diakhiri dengan serah terima hasil mustegak kepada ketua terpilih.

Written by 

Related posts