(MAN 2 Kota Malang ). Siswa kelas XII MAN 2 Kota Malang melaksanakan persiapan pemantapan Ujian Nasional tahun 2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan melalui outbond di Kaliwatu kecamatan Bumiaji Kota Batu pada tanggal 12-13 Januari 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan semangat belajar siswa kelas XII dalam menghadapi Ujian Nasional Tahun 2019. MAN 2 Kota Malang bertekat untuk meningkatkan prestasi Ujian Nasional Tahun 2019. Kegiatan outbond diikuti oleh 316 siswa kelas XII, Adapun materi pelatihan outbond meliputi:

  1. ICE Breaking, kegiatan ini bertujuan memecahkan suasana yang awalnya kaku, tegang  menjadi suasana yang riang dan menyenangkan. dalam session ini siswa di harapkan mengenal antara siswa satu dengan siswa yang lainnya.
  2. Communication, dalam session ini peserta (siswa) akan dikondisikan dalam situasi permainan-permainan yang menarik, menyenangkan, tidak membosankan, berkomunikasi membangkitkan rasa percaya diri dan percaya pada siswa lainnya dalam kelompoknya.
  3. Team Building,dalam session ini siswa diarahkan menjadi “Team Player” yang handal. saling mendukung, kerjasama, pentingnya komunikasi dan membangun suatu tim yang kompak.
  4. Problem Solving, session ini diharapkan peserta mampu mengenali masalah yang ada serta mampu memecahkan suatu permasalahan.

5 Competition Game, session ini siswa dapat mengatur strategi dan mengoptimalkan segala kemampuan baik individu maupun kemampuan kelompok untuk menjadi pemenang diantara pesaing-pesaing (kelompok lain).

Keseluruhan aktifitas tersebut dilakukan melalui simulasi berbagai macam games Outbound melalui beberapa Pos, yang masing-masing pos terdapat game. Bukan hanya sekedar Games, namun di dalamnya terdapat makna-makna pembelajaran yang sangat baik dan tepat untuk diimplementasikan oleh peserta dalam kehidupan sehari-hari.

outbond di Kaliwatu

Written by 

Related posts