MAN 2 Kota Malang – Sebagai wujud kepedulian Madrasah terhadap dampak wabah Covid-19 MAN 2 kota Malang mengadakan bakti sosial berupa pembagian sembako kepada masyarakat sekitar. Kegiatan ini dilakukan pada hari Sabtu 16 Mei 2020 di MAN 2 Kota Malang. Turut hadir dalam acara tersebut adalah Kepala Kemenag Kota Malang beserta jajarannya, Lurah Penanggungan beserta jajarannya serta segenap pengurus komite MAN 2 kota Malang.

Lebih dari 500 paket sembako dibagikan kepada warga yang terdampak wabah Covid  19 diantaranya untuk pegawai Kemenag Kota Malang, guru dan pegawai Madrasah swasta yang berada di 9 kelompok kerja Madrasah (KKM) MAN 2 Kota Malang, hingga warga di sekitar Madrasah.

“Bantuan paket sembako ini hasil donasi dari keluarga besar MAN 2 Kota Malang. Mulai dari guru, karyawan, hingga peserta didik MAN 2 Kota Malang. Jika ditotal donasinya senilai hampir Rp 100 jutaan yang kami jadikan bantuan ini,” papar Kepala MAN 2 Kota Malang Dr Hj Binti Maqsudah MPd.

Menurut Binti, total ada 510 paket sembako yang disiapkan. Rinciannya, 247 paket sembako diserahkan kepada warga terdampak Covid-19 di sekitar MAN 2 Kota Malang yang terdiri dari 8 RW. Lalu, 90 paket untuk KKM dan 25 paket untuk pegawai Kantor Kemenag Kota Malang.

“Kami utamakan masyarakat sekitar MAN 2 Kota Malang dahulu, yang tersebar di 8 RW di Kelurahan Penanggungan dan Klojen. Selanjutnya, disusul pegawai Kemenag, KKM, dan sisanya diserahkan kepada karyawan dan satpam honorer,” kata Binti.

Selain bertujuan membantu warga terdampak wabah Covid 19, pembagian sembako ini juga sebagai bentuk rasa syukur MAN 2 Kota Malang karena seluruh siswa kelas XII berhasil lulus 100 persen tahun ini.

Kepala MAN 2 Kota Malang  berharap bantuan kecil ini bisa berguna untuk sedikit meringankan beban warga terdampak Covid-19. Dia juga berdoa agar virus korona ini bisa segera pergi dari bumi Indonesia.

Aksi yang digalang MAN 2 Kota Malang ini direspons positif Lurah Penanggungan Yuyun Nanik Ekowati. Yuyun mengaku terkesan dengan upaya Madrasah yang mau peduli dengan warga sekitar. “Saya sampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada MAN 2 Kota Malang yang sudah mau berbagi dan peduli terhadap masyarakat sekitar,” kata Yuyun.

Sementara, Kepala Kantor Kemenag Kota Malang Mochtar Hazawawi memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada MAN 2 Kota Malang atas upaya yang dilakukan tersebut. Mochtar berharap hal-hal semacam ini bisa menjadi percontohan bagi madrasah lain di Kota Malang.

 

“Kami berikan jempol bagi MAN 2 Kota Malang yang sudah mau menginspirasi. Ini bukti bahwa madrasah sudah melakukan kegiatan nyata di masyarakat. Kami berharap bisa dicontoh madrasah lain di kota ini, baik negeri maupun swasta,” Kata Mochtar dalam sambutannya pada acara tersebut.

Written by 

Related posts