MAN 2 Kota Malang Indonesia Dalam rangka memantapkan dan mengembangkan program unggulan dan inovasi madrasah, MAN 2 Kota Malang (M2KM) terus berupaya memperluas jaringan kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan baik di dalam maupun di luar negeri. Kali ini MAN 2 Kota Malang melakukan benchmark dengan Genius Insan College, Malaysia yang dilakukan secara virtual. Pertemuan secara virtual yang bertajuk Perbincangan Kerjasama antara MAN 2 Kota Malang- Indonesia dengan Genius Insan College- Malaysia tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, 8 April 2021 pada pukul 14.00 s.d 16.00 WIB. 

Rancangan kerjasama tersebut sesungguhnya merupakan kelanjutan dari MoU yang sebelumnya sudah ditandatangani antara MAN 2 Kota Malang dengan Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) pada tahun 2018. USIM merupakan kampus islam ternama di Malaysia yang juga menjadi host pada event tahunan Islamic Global School Network (IGSN) Jamboree yang sudah diikuti siswa-siswi MAN 2 Kota Malang sejak tahun 2017. 

Genius Insan College sendiri merupakan sekolah unggulan pemerintah Malaysia yang dipercayakan untuk dibina dan dikelola oleh Universiti Sains Islam Malaysia (USIM). Sekolah unggulan Genius Insan College ini menampung siswa yang memiliki kecerdasan/bakat istimewa yang mengusung platform utamanya yakni mengintegrasikan Aqli dan Naqli dalam pengembangan Pendidikan Science. 

Pertemuan virtual yang dihadiri langsung oleh pimpinan kedua lembaga yaitu Drs. Mohammad Husnan, M.Pd (Kepala Madrasah ALiyah Negeri 2 Kota Malang) dan Dr. Hayati Ismail (Ketua Pengarah Genius Insan College) tersebut berlangsung dengan cukup hangat dan santai namun sangat produktif. Selain kepala Madrasah, dari MAN 2 Kota Malang juga dihadiri oleh Mr Yoga (Kerjasama Internasional), Bu Wulaida (Ketua Program Olimpiade), Ustadz Taufiq (Ketua Ma’had All Qalam), Ustadz Miftachul Ula (Perwakilan guru PAI), pak Edi Sutomo dan pak Gatra selaku pengurus program Olimpiade dan staf P3TIM. Sedangkan dari Genius Insan College juga dihadiri oleh Dr Rahayu (Penyelaras Hal Ehwal Akademik), Dr Liyana (Penyelaras Hubungan Luar, Industri dan Masyarakat), Dr Wan Zakry (Penyelaras Kesejahteraan Murid dan Kaunseling),  Ustazah Aisyah (Guru Quran), dan beberapa perwakilan dari pelajar. Selain bertujuan untuk saling memperkenalkan secara ringkas lembaga masing – masing, agenda utama kegiatan tersebut adalah untuk mempererat jalinan silaturahim sekaligus memetakan peluang kerjasama yang lebih kongkret diantara kedua lembaga pendidikan ini. 

Dalam sambutannya, kepala MAN 2 Kota Malang menyampaikan bahwa kerjasama ini merupakan sebuah kebutuhan sebagai manifestasi sekolah global. “MAN 2 Kota Malang perlu melakukan berbagai terobosan dalam merespon berbagai perkembangan di berbagai aspek di masa yang akan datang. Beliau juga berharap bahwa kerjasama dengan Genius Insan College Malaysia ini diharapkan mampu mewujudkan pengembangan madrasah yang sangat hebat dan kuat di bidang sains yang mengintegrasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam al quran dan hadist. 

Dr. Hayati selaku ketua pengarah dari Genius Insan College mengaku sangat sangat terkesan dengan pengintegrasian pendidikan wawasan kebangsaan yang telah dilakukan oleh MAN 2 Kota Malang. Beliau menyampaikan bahwa setelah pertemuan awal secara virtual tersebut akan memetakan berbagai pola kerjasama yang bisa dilakukan dan bisa segera direalisasikan dalam waktu dekat. Lebih lanjut beliau juga mengatakan bahwa adanya kemiripan karakter antara kedua sekolah maka diharapkan ada saling transfer pengetahuan dan pengalaman dalam pengembangan Islamic Schools, ungkap Dr. Hayati

Dalam sesi dialog, koordinator kerjasama Internasional yang juga merupakan Agen Perubahan MAN 2 Kota Malang, Mr. Ahmad Thohir Yoga, M.Pd, M.Ed menyampaikan bahwa inisiatif pertemuan perbincangan kerjasama tersebut merupakan komitmen dari MAN 2 Kota Malang untuk meningkatkan kualitas program-program unggulan yang ada di madrasah sekaligus bentuk tanggung jawab madrasah dalam memberikan akses kepada generasi muda islam untuk menjadi bagian dari masyarakat dunia yang bisa berkontribusi positif. 

Alhamdulillah setelah acara virtual meeting ini, Dr. Hayati selaku pengarah dan Dr. Liyana selaku penyelaras hubungan luar dari Genius Insan College akan berkomunikasi dengan kami untuk membahas Letter of Intens (LoI) dan mempersiapkan rancangan program-program yang secara teknis bisa segera telah disepakati dan direalisasikan dalam waktu dekat.” Jelas Mr. Yoga (ES/YG)

Postingan Terkait