MAN 2 Kota Malang – Jum’at (9/7/21) Pembukaan Orientasi Santri Ma’had (OSAMA) secara Virtual, dibuka oleh Kepala MAN 2 Kota Malang Drs. H. Mohammad Husnan, M. Pd. Pembukaan OSAMA Virtual dihadiri pula oleh Ketua Ma’had Ust. HA. Taufiq WAS, Lc, MA. Ketua Panitia Ust. Chandra Sutrisna S. PdI. dan beberapa pengasuh yang menetap di Ma’had Al-Qalam MAN 2 Kota Malang. OSAMA kali ini diikuti seluruh santriwan dan santriwati kelas X (baru) dan kelas XI tahun pelajaran 2021/2022, berjumlah 373 santri.

Ketua Ma’had, HA. Taufiq WAS dalam laporannya mengatakan bahwa Orientasi Santri Ma’had (OSAMA) ini merupakan kegiatan yang sudah diagendakan setiap tahun dan wajib diikuti oleh santri baru Ma’had Al Qalam MAN 2 Kota Malang. Tujuan diadakan kegiatan OSAMA adalah untuk mengenalkan kepada santri baru mengenai lingkungan, Program Ma’had Al Qalam sebagai lembaga pendidikan yang melahirkan generasi ‘Alim, ‘Abid dan Hanif dengan menyelenggarakan pendidikan yang berorientasi pada tafaqquh fie al dien, Menanamkan akhlak yang terpuji melalui kegiatan dan pembiasaan, Membimbing santri beribadah kepada Allah SWT secara baik dan benar, Mengarahkan santri bermu’amalah sesuai dengan syari’at Allah SWT, Membina santri hidup Membina santri hidup mandiri dan islami, Menciptakan lingkungan yang islami, Melatih santri menguasai keterampilan berbahasa asing dan Membimbing santri meningkatkan prestasi belajar.” Jelas beliau.

Menurut, Kepala Madrasah H. Mohammad Husnan dalam pengarahannya menyampaikan bahwa kegiatan OSAMA dilaksanakan secara virtual ini karena masih dalam situasi pandemi covid-19 dan masih PPKM Jawa- Bali,” kata beliau.

Menurut kamad, keberadaan Ma’had Al Qalam dinilai memainkan peran penting atas prestasi MAN 2 Kota Malang selama ini. Sebab dengan adanya ma’had, pembinaan terhadap siswa dapat dilakukan dengan tertib dan terarah serta terukur karena siswa dapat dipantau selama 24 jam. Hal ini tentu akan berdampak pada penguatan pembelajaran yang diperoleh di madrasah.

Lebih lanjut Kepala Madrasah mengharapkan peserta didik yang menempati di Ma’had untuk selalu belajar lebih sabar, ikhlas, tekun dan semangat dalam mengikuti proses kegiatan yang sudah diagendakan oleh pengasuh ma’had,”

Dalam pengarahan terakhir kamad berpesan bahwa, OSAMA akan dilaksanakan selama 2 hari ke depan diharapkan bisa menghasilkan santri Ma’had Al Qalam lebih mengenal dan merasakan manfaat dan nikmatnya menempati di Ma’had,” pungkasnya (SW/YG/EW)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait