MAN 2 Kota Malang – Dalam perhelatan International Webinar yang baru-baru ini sukses diselenggarakan oleh Direktorat GTK Madrasah Kementerian Agama RI pada Jumat sore tanggal 6 Agustus 2021 lalu, ternyata salah satu narasumbernya adalah Ahmad Thohir Yoga, guru senior bahasa Inggris sekaligus waka humas dan kerjasama MAN 2 Kota Malang.

Webinar internasional yang diikuti secara antusias oleh lebih dari 5000 guru Madrasah Tsanawiyah (Mts) dan Madrasah Aliyah (MA) dari seluruh Indonesia tersebut bertajuk ‘Connecting Madrasah Teachers and Students to the World Through Generation Global’. Acara tersebut merupakan kolaborasi antara direktorat GTK Madrasah dengan Generation Global – sebuah platform digital internasional yang bermarkas di United Kingdom.

Pada event yang diselenggarakan full berbahasa Inggris tersebut, guru penuh prestasi dan talenta yang biasa dipanggil Mr Yoga itu kebagian sesi berbagi best practice pengelolaan dan pelaksanaan platform generation global di MAN 2 Kota Malang. Mr. Yoga berbagi cerita tentang bagaimana mengintegrasikan sumber belajar dan program generation global ke dalam rencana pembelajaran dan evaluasi. Kebetulan beliau merupakan koordinator program generation global di madrasah sejak tahun 2012.

Mantan ketua Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (Language Development Center) yang sekarang menjabat wakil kepala bidang humas dan kerjasama itu menjelaskan bahwa salah satu alasan mengapa harus memanfaatkan sumber belajar dan kegiatan-kegiatan dialog dalam generation global adalah karena ingin menaikkan level dan kualitas pembelajaran yang dilakukannya. Dan yang paling penting dari dialog-dialog interaktif di Ultimate Dialogue Adventure tersebut adalah sudah saatnya suara, pendapat, argument, dan nilai-nilai holistik ajaran Islam dari anak-anak madrasah ini didengar dan diketahui oleh teman sebaya mereka yang memiliki budaya dan nilai-nilai yang berbeda di belahan dunia yang lain.

Webinar yang dipandu secara interaktif oleh Yuna Kadarisman tersebut menghadirkan Dirjen Pendis, Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani sebagai Keynote Speaker dan Direktur GTK Madrasah, Dr. Muhammad Zain menyampaikan Opening Remarks sekaligus membuka acara webinar tersebut.

Adapun empat pembicara dari generation global antara lain Lucy Hayter – Director of Generation Global yang bermarkas di United Kingdom, Shruti Sharma – Partnerships, Marketing & Communication Lead of Generation Global di India , Ahmad Thohir Yoga – Coordinating Teacher of Generation Global di MAN 2 Kota Malang, dan Wati Wardhani – Country Coordinator Generation Global Indonesia.

Ke empat panelis tersebut masing-masing menyampaikan materi Fostering Global Citizenship Education for the Youth through Generation Global (Lucy); Bridging Global Students’ Connection through the Ultimate Dialogue Adventure (Shruti); Best Practice on the Implementation of Generation Global in Indonesian Schools (Yoga); dan Generation Global Outlook in Indonesia (Wati)

Direktur generation global, Lucy Hayter, mengungkapkan perasaan bangga dan bahagianya melihat antusiasme peserta yang mencapai lebih dari 5000 orang tersebut. Dia merasa sangat senang dengan potensi kolaborasi antara generation global dengan direktorat GTK Madrasah Kemenag RI dalam kegiatan-kegiatan kolaborasi ke depan. Menurutnya sangatlah penting mengambil peran positif dalam mempersiapkan anak-anak muda di madrasah untuk menjadi bagian dari solusi dan duta perdamaian serta toleransi dalam masyarakat dunia yang semakin kompleks ini, pungkasnya. (YG/SW/EW)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait