MAN 2 Kota Malang – Peringatan Hari Pramuka ke-60 di tahun 2021 dilaksanakan Gugus Depan Pramuka Pangkalan MAN 2 Malang secara Virtual. Hal ini dilaksanakan karena masih dalam situasi pandemi. Itulah mengapa tema yang diangkat adalah ” Pramuka Berbakti Tanpa Henti Dalam Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru dengan Kedisiplinan dan Kepedulian Nasional .”

Hadir dalam peringatan HUT Pramuka dan Pelantikan Dewan Ambalan secara virtual di Gedung Sains Terpadu Lt. IV MAN 2 Kota Malang Kepala Majelis Pembimbing Gugus Depan (KaMabigus) MAN 2 Kota Malang Drs. H. Mohammad Husnan, M.Pd. didampingi Waka Kesiswaan Anita Yusianti, M.Pd., tim panitia, pembina Pramuka dan pemateri Juli Ismawanto.
Sedangkan seluruh Wali kelas X mendampingi peserta didik kelasnya dalam mengikuti peringatan ini secara virtual meeting di rumah masing masing.

Kepala MAN 2 Kota Malang, H. Mohammad Husnan dalam sambutannya membacakan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, mengingatkan agar anggota Pramuka MAN 2 Kota Malang untuk terus meningkatkan kedisiplinan dan kepedulian terutama saat era pandemi COVID-19 seperti ini dan diimbau kepada peserta didik kewajiban untuk selalu mengikuti kegiatan Pramuka, karena dari Pramuka ini akan tercipta Penguatan Pendidikan Karakter bagi peserta didik dalam upaya mengembangkan nilai-nilai yang mendasari suatu kebajikan, sehingga ke depan harapanya tercipta suatu kepribadian diri menjadi warga negara yang cinta tanah air,” jelas beliau.

Hal ini senada dengan apa yang disampaikan oleh pemateri Juli Ismawanto, yang mengingatkan tujuan Pramuka, selain membentuk karakter dan kecakapan peserta didik, juga akan memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di musim pandemi ini banyak berdo’a dan sholawat,” ucap beliau yang juga menjabat Wakil Ketua Kwarcabang Kota Malang.

Sementara itu usai kegiatan, Wakasis MAN 2 Kota Malang Mrs. Anita Yusianti, M.Pd. menyampaikan syukur atas kegiatan HUT Pramuka dan pelantikan Dewan Ambalan berjalan lancar dan sukses,” Alhamdulillah, hari ini acara Peringatan HUT Pramuka Ke-60 dan Pelantikan Dewan Ambalan MAN 2 Kota Malang yang diikuti kelas X dapat berjalan lancar. Semoga kakak-kakak kelas X mempunyai semangat dan mempunyai karakter seorang Pramuka yang bertaqwa, tangguh, mandiri, bertanggung jawab dan tetap cinta tanah air,” ucap Mrs. Anita.

Dihubungi secara terpisah, ketua panitia Mr. Puguh Cahyanto menjelaskan, kenapa peserta didik di MAN 2 Kota Malang harus wajib mengikuti kegiatan Pramuka,? karena dengan adanya kegiatan Pramuka, peserta didik akan bisa mempunyai karakter mandiri, bisa hidup dimana saja, kapan saja dan menjadi apa saja,” jawabnya. Acara HUT Pramuka ini salah satu wasilah untuk itu, dan adanya Dewan Ambalan (DA) bertugas merencanakan dan melaksanakan program berdasarkan Keputusan Musyawarah Penegak, tahun lalu Ketua DA dijabat Nabila Nafilia Dyantri, yang dilantik sekarang Ketua DA Keysha Azahra Putri,” jelas beliau yang juga selaku Korbid Bela Negara MAN 2 Kota Malang. (YG/SW/EW)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait