MAN 2 Kota Malang – Dalam rangka Penguatan Tim Zona Integritas Madrasah dan Peningkatan Kualitas Layanan Madrasah kepada Publik, MAN 2 Kota Malang mengadakan pelatihan tentang pelayanan prima (excellent service) pada hari kamis, 19 Agustus 2021.

Kegiatan pelatihan tersebut diikuti oleh pegawai pada semua unit layanan yang banyak terlibat secara langsung dalam pelayanan kepada masyarakat. Sebanyak 50 peserta mengikuti acara tersebut dengan antusias. Peserta pelatihan berasal dari unit Satpam, PTSP, BK, Perpustakaan, UKS, Petugas Komite, Unit Usaha, Kopsis, Cleaning Service, dan Kerumahtanggaan.

Kepala Madrasah, Drs. Mohammad Husnan, M.Pd dalam sambutan pengantarnya menyampaikan bahwa alasan dipilihnya pegawai pada unit-unit tersebut adalah karena semua unit itu memiliki peran yang sangat strategis dalam rangka memberikan layanan prima kepada masyarakat luas. Namun selama ini belum mendapatkan pelatihan yang memadai tentang bagaimana seharusnya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Momentumnya juga tepat dengan pembangunan Zona Integritas yang sedang berjalan di madrasah kita, ujarnya.

Narasumber utama pada acara ini adalah Wakahum MAN 2 Kota Malang Mr. Ahmad Thohir Yoga, M. Pd, M. Ed. Dalam sesi penyampaian materi pelatihan singkat yang sangat lugas, interaktif dan menarik tersebut, Mr. Yoga menegaskan bahwa pada hakekatnya semua warga madrasah, tanpa terkecuali, adalah duta layanan prima dan humas madrasah. Semua warga madrasah memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama untuk menyampaikan informasi yang baik dan memadai kepada masyarakat pengguna jasa dan layanan madrasah.

Lebih lanjut, Mr. Yoga juga menyampaikan tentang indikator dan ciri-ciri layanan prima. Diantaranya dijelaskan bahwa semua warga madrasah ‘wajib’ meningkatkan pengetahuan tentang jasa layanan pendidikan yang ada di madrasah, termasuk wajib memahami visi dan misi madrasah dengan baik. Dengan demikian mereka bisa menjadi duta pelayanan prima dan humas yang profesional, kata wakahum yang memiliki jaringan pendidikan internasional yang luas tersebut.

Seusai acara, bapak Septian yang merupakan salah satu peserta dari Unit BK menyatakan bahwa kegiatan tersebut menjadi pengalaman sangat menarik bagi kami sebagai salah satu bidang pelayanan publik khususnya bimbingan konseling. Orientasi yang diberikan oleh Bapak Waka Humas tentang pelayanan publik sangat aktual dan komprehensif sehingga dapat meningkatkan kompetensi peserta karena materi yang diberikan sangat sesuai dan bermanfaat. Semoga kedepan diadakan kegiatan pelatihan serupa secara berkala, ujarnya antusias.

Peserta lain, ibu Titin, juga menyampaikan hal senada. Peserta dari Unit pelayanan di komite itu merasa bahwa pelatihan tersebut meskipun singkat tapi materi yang disampaikan sangat relevan dan bermanfaat bagi kita dalam menjalankan tugas-tugas pelayanan di madrasah ini secara lebih profesional. Banyak pengetahuan baru yang sangat penting untuk diketahui dan dilaksanakan oleh semua warga MAN 2 Kota Malang, pungkasnya. (YG, SG, EW)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait