MAN 2 Kota Malang – Kabar membanggakan datang dari MAN 2 Kota Malang. Salah satu guru bahasa Inggris senior yang juga wakil kepala madrasah bidang humas, Ahmad Thohir Yoga, M.Pd, M.Ed, untuk kesekian kalinya terpilih mewakili Indonesia dalam kegiatan berskala internasional. Alumni Ohio University, USA melalui beasiswa Fulbright yang saat ini juga sedang terpilih mengikuti program OPEN dari RELO-US Embassy itu bulan lalu juga menjadi salah satu pembicara dalam webinar internasional yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama RI bekerjasama dengan Generation Global yang bermarkas di United Kingdom.

Kali ini Yoga diundang menjadi narasumber dalam kegiatan Sharing Session dengan praktisi pendidikan di New York City yang dikemas secara interaktif melalui Universal Narrative Podcast. Dialog yang dipandu langsung oleh pimpinan Universal Narratives, Prof. Dr. Salma Waly, mengangkat tema Educational Development Narratives from Indonesia ttps://universalnarratives.com/educational-development-narratives-from-indonesia/).

Dalam sesi tersebut, Yoga, diminta menyampaikan secara umum tentang sistem pendidikan di Indonesia termasuk pendidikan madrasah, pola pengembangan kurikulum, professional development training bagi guru, dan isu-isu lain terkait pembangunan dan kebijakan strategis dalam dunia pendidikan di Indonesia. Yang menarik adalah Yoga banyak mengangkat contoh-contoh kongkrit tentang pola pengembangan pendidikan madrasah di Indonesia khususnya di MAN 2 Kota Malang, termasuk keterlibatan dia secara aktif dalam beberapa platform pendidikan global.

Direktur GTK Madrasah RI, Dr. Muhammad Zain, menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas keterlibatan guru madrasah dalam berbagai event berskala internasional. Menurut Muhammad Zain, yang dilakukan pak Yoga dalam banyak kegiatan global ini seharusnya menjadi inspirasi dan contoh bagi guru-guru madrasah lain di Indonesia untuk selalu outward looking mencari peluang berkontribusi secara aktif dalam menyampaikan syiar madrasah sekaligus pengembangan diri dan profesional, tuturnya

Kepala MAN 2 Kota Malang, Drs. Mohammad Husnan, M.Pd mengungkapkan rasa bangganya dengan kiprah wakamad humas di lembaga yang dipimpinnya karena telah melakukan syiar madrasah ke level internasional. Hal senada juga disampaikan oleh kepala Kemenag Kota Malang, Dr. Muhtar Hazawawi, M.Ag yang sangat mengapresiasi dengan pengembangan profesional dan kontribusi guru madrasah dari kota Malang di kancah global (Tim Humas)

Postingan Terkait