MAN 2 Kota Malang – Pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) tahun 2021 berbasis Komputer di MAN 2 Kota Malang dilaksanakan mulai hari Senin sampai Selasa (27-28/9/2021). Tujuan dilaksanakan AN adalah untuk memetakan mutu pendidikan dan memberi umpan balik kepada penyelenggara pendidikan, serta merancang tindak lanjut untuk perbaikan mutu sistem pendidikan. Asesmen Nasional di MAN 2 Kota Malang diikuti 50 peserta didik kelas XI yang terbagi atas 4 jurusan, yakni MIPA, IPS, Bahasa, dan Keagamaan, pelaksanaan kegiatan terpusat di Labkom MAN 2 Kota Malang.

Selanjutnya Kepala MAN 2 Kota Malang, Drs. H. Mohammad Husnan, M.Pd. menjelaskan bahwa Asesmen Nasional (AN) yang dilaksanakan selama 2 hari ke depan, sebelumnya telah diadakan persiapan yang terukur sehingga pelaksanaan AN untuk Peserta didik kelas XI yang terpilih secara acak untuk menjadi peserta telah melalui sebuah proses yang ketat. “Pelaksanaan gladi bersih yang dilakukan bertujuan agar peserta didik kelas XI yang terpilih dapat menyesuaikan diri dengan pelaksanaan asesmen nasional. AN tahun 2021 berbasis komputer dilaksanakan berdasarkan keputusan Kemendikbud Ristek,” ucap beliau.

Menurutnya, AN tahun 2021 ini sudah disampaikan jauh sebelumnya kepada seluruh peserta didik untuk lebih gemar membaca buku, koran, atau majalah terkait persiapan pengganti Ujian Nasional (UN) tersebut.” AN berbeda dengan UN karena tidak bisa dipelajari melalui pembelajaran tambahan ataupun bimbingan belajar.

“Sedangkan untuk meningkatkan kompetensi numerasi, tidak ada jalan pintas bagi peserta didik kelas XI, selain meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sistematis, karena semua butuh proses, dan tidak dapat ditemukan pada bimbingan belajar di luar,” kata beliau.

Sementara itu, Waka Kurikulum Ustaz Sukardi, S.Pd. menyampaikan bahwa madrasah sudah memberikan pendampingan kepada peserta didik kelas XI agar bisa menjawab dan bisa berlatih mengerjakan soal-soal AN tahun 2021 yang bersumber melalui link atau tautan yang disediakan oleh Kemendikbud Ristek untuk mengasah kemampuanya. Hal ini dilakukan agar pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) tahun 2021 bagi peserta didik yang terpilih bisa lebih siap menghadapi AN tahun 2021,” ucapnya. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait