MAN 2 Kota Malang – Penilaian Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) oleh Tim Penilai Nasional Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  RI telah mencapai puncaknya pada Jum’at (12/11/2021) kemarin. Hadir pada saat itu Kepala Kemenag Kota Malang Dr. H. Muhtar Hazawawi beserta jajaranya, Kepala MAN 2 Kota Malang Drs. H. Mohammad Husnan, M. Pd dan segenap tim Zona Integritas MAN 2 Kota Malang  berkumpul di Auditorium Gedung Sains Terpadu Lantai IV MAN 2 Kota Malang untuk mengikuti penilaian ZI menuju WBK dari Tim Penilai Nasional Kemenpan RB RI.

Selama sekitar 20 menit,  Kepala MAN 2 Kota Malang H. Mohammad Husnan dan 8 menit Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang H. Muhtar mempresentasikan pembangunan ZI yang mencakup enam area perubahan. Yaitu Manajemen perubahan,  Penataan Tata laksana,  Penataan Manajemen SDM,  Penguatan Akuntabilitas Kinerja,  Penguatan Pengawasan, dan  Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, serta dengan disertai pendukung proses prestasi nasional dan internasional yang integrasi dengan pendidikan spiritual peserta didik yang notabene tinggal di Ma’had Al Qalam MAN 2 Kota Malang.

Usai presentasi, Kamad dan seluruh tim ZI MAN 2 Kota Malang mendapatkan pertanyaan dari tim penilai terkait inovasi layanan Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru, akuntabilitas keuangan dari pemerintah dan suport masyarakat yang dikelola omite madrasah (masyarakat), semuanya dijawab dengan baik dan saling menguatkan oleh Kamad, pengurus Komite dan tim Zona Integritas MAN 2 Kota Malang.

Kamad mengatakan, ada tiga inovasi layanan yang dijalankan oleh MAN 2 Inovasi layanan ini bertujuan untuk memangkas birokrasi, efisiensi dan efektivitas layanan, serta pencegahan perilaku gratifikasi. Inovasi layanan tersebut adalah kesatu Internalisasi Keislaman & Sains (Insan Pro) salah satu Program Madrasah yang memfasilitasi siswa/siswi Cerdas Istimewa – Berbakat Istimewa (CIBI) untuk berprestasi di bidang sains sekaligus berkarakter keislaman yang kokoh, kedua MADU MANJA adalah program yang digagas untuk mempersiapkan dan memfasilitasi peserta didik MAN 2 Kota Malang menjadi masyarakat dunia  yang aktif, berfikiran terbuka, dan berprestasi di level internasional dan ketiga adalah edu-Panda Layanan pusat Aplikasi MAN 2 Kota Malang adalah layanan digital semua kebutuhan madrasah.” Jelas Kamad.

Upaya lainnya yaitu, penguatan pembinaan dan pengawasan kepada segenap ASN. “Secara berkala kami adakan pembinaan dan pengawasan kinerja para ASN dengan membentuk Badan Kehormatan Madrasah (BKM),” ungkap beliau

Sementara terkait kepuasan layanan PTSP, MAN 2 Kota Malang melengkapi fasilitas kantor untuk kenyamanan pengunjung, baik dari siswa, walimurid, masyarakat normal maupun disabilitas, juga Laktasi pun disiapkan fasilitas ruanganya. Selain itu dilakukan pengkondisian kantor, yaitu Pojok ZI, Green Office, dan Edukasi ZI untuk meningkatkan semangat kerja ASN dan para peserta didik.(Tim Humas)

 

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait