MAN 2 (Kota Malang) – Salah satu peserta didik MAN 2 Kota Malang Mohammad Ismu Daud kelas XII IPA 7, dinyatakan telah diterima di dua Universitas ternama di Kanada. Daud dinyatakan diterima di University of British Columbia (UBC) untuk konsentrasi Bachelor of Science dan University of Toronto untuk konsentrasi Life Science Faculty of Arts and Sciences.

Menurut Ketua Tim Olimpiade dan KIR MAN 2 Kota Malang, Dra. Hj. Wulaidah bahwa prestasi Mohammad Ismu Daud sebelumnya, diawali dengan keikutsertaannya mengikuti ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) bidang Biologi pada tahun 2020 dan berhasil meraih medali perunggu, pada tahun yang sama juga meraih medali perak untuk cabang Biologi Terintegrasi pada ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM).

“Prestasi yang dicapai Mohammad Ismu Daud saat ini dengan diterimanya dia di perguran tinggi luar negeri, tidak lepas dari prestasi demi prestasi yang sudah diraih. Mulai dengan pencapaian keikutsertaan ananda pada ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) bidang Biologi yang berhasil meraih medali perunggu dan juga meraih medali perak untuk cabang Biologi Terintegrasi pada ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM). Serta KSN 2021 dengan meraih medali emas di bidang Biologi dan masih banyak prestasi yang telah diraih Daud di berbagai even, di antaranya medali perunggu Kompetisi Sains Ruang Guru (KSR),” ujar Hj. Wulaidah.

Menurut Hj. Wulaidah, selain KSN dan KSM, banyak prestasi yang telah diraih Daud di berbagai even, kemudian pada tahun 2021, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Republik Indonesia menyelenggarakan program Beasiswa Indonesia Maju (BIM) yang dikhususkan untuk para siswa kelas 12 yang berprestasi pada ajang lomba, kompetisi, atau festival di bidang Sains, Riset, Teknologi, dan Inovasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud, dan Daud dinyatakan diterima.

“Prestasi demi prestasi inilah yang menjadi modal ananda daud untuk mengikuti program Beasiswa Indonesia Maju (BIM) dan dinyatakan diterima dengan serangkaian seleksi dan program pembinaan yang ketat. Setelah dinyatakan lolos program BIM, ananda Daud melanjutkan untuk mengikuti tes IELTS dan memasukkan berkas pendaftaran ke dua universitas di Kanada, yakni University of British Columbia (UBC) dan University of Toronto.” Jelasnya.

Sementara itu Kamad MAN 2 Kota Malang, Drs. H. Mohammad Husnan, M.Pd. mendengar laporan peserta didiknya diterima di dua perguruan tinggi luar negeri di Kanada ikut bangga. Namun, Kamad tidak heran dengan capaian prestasi tersebut, pasalnya deretan prestasi dan pencapaian bergengsi yang selama ini diraih ananda Mohammad Ismu Daud mulai KSN, KSM dan ajang lainnya di bidang Biologi sudah luar biasa.

“Madrasah ikut bangga atas prestasi luar biasa ananda Mohammad Ismu Daud, mulai KSN, KSM dan ajang lainnya di bidang Biologi. Ananda memang sejak kelas 10 mengikuti program pembinaan intensif Madrasah, yang dia ikuti setiap harinya dengan tekun dan kreatif mengatur ritme belajarnya, secara mandiri maupun dengan teman sebayanya. Hal ini dibuktikan dengan nilai rapornya yang selama ini sangat baik, sehingga masuk di peringkat 3 besar nilai rapor secara paralel. Selain unggul di bidang akademik, ananda termasuk peserta didik yang memiliki kecakapan sosial yang baik, mudah bergaul, dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik . Semoga prestasi seperti ini, menjadi teladan bagi peserta didik MAN 2 Kota Malang yang lainya,” Jelas Kamad. (BIR/Tim Humas)

Postingan Terkait