Kota Malang (MAN 2) — Pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2022 ini, sebanyak 145 peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang mengikuti seleksinya, dan sebanyak 105 di antaranya lolos SNMPTN tahun 2022.

SNMPTN  merupakan jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang diseleksi dengan menggunakan nilai rapor sebagai acuan utama serta didukung dengan prestasi akademik lainnya.

Peserta didik yang bisa dan berhak mengikutinya adalah mereka yang masuk kategori Eligible. Yaitu peserta didik yang masuk dalam rangking 40% pararel sesuai jurusan masing-masing berdasarkan nilai rapor semester 1-5.

Kepala MAN 2 Kota Malang H. Mohammad Husnan  menyampaikan bahwa jumlah peserta didik kelas XII  pada tahun pelajaran 2021/2022 berjumlah 358, dan yang mendapatkan kuota eligible sebanyak 145 kemudian yang lolos SNPTN sebanyak 105 peserta didik. Sebanyak 95 siswa dari jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), 28 siswa dari jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), 12 siswa dari jurusan bahasa, dan 10 siswa dari jurusan agama, dan sebanyak 105 di antaranya lolos SNMPTN.

“Alhamdulillah, peserta didik MAN 2 Kota Malang pada Tahun Pelajaran 2021/2022 berjumlah total 358, dan yang mendapatkan kuota eligible sebanyak 145 pesert didik, kemudian dari 145 tersebut,  sebanyak 105 di antaranya lolos SNMPTN tahun ini, dengan rincian sebanyak 95 siswa dari jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), 28 siswa dari jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), 12 siswa dari jurusan bahasa, dan 10 siswa dari jurusan agama ” sambungnya.

Sementara itu Wakil Kepala MAN 2 Kota Malang bidang Humas dan Kerja sama, Ahmad Thohir Yoga, menjelaskan bahwa ada 64 siswa MIPA, 22 siswa IPA, 10 Bahasa, dan 9 siswa jurusan Agama yang lolos SNMPTN. Mereka diterima di 13 Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

“Ada 63 siswa yang masuk di Universitas Brawijaya. Sebanyak 13 siswa diterima di Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS), delapan siswa masuk Universitas Gadjah Mada (UGM), dan tujuh siswa masuk Institut Teknologi Bandung (ITB),” jelas pria yang akrab disapa Yoga ini.

“Tiga siswa lolos SNMPTN di Universitas Airlangga. Tiga siswa juga masuk Universitas Sebelas Maret, dan ada dua siswa yang diterima di Universitas Indonesia,” lanjutnya.

Lainnya, kata Yoga, masing-masing satu siswa diterima di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Diponegoro, Universitas Jember, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Surabaya, dan Universitas Padjajaran.

“Mereka diterima di sejumlah jurusan favorit, mulai dari kedokteran, teknik, manajemen, akuntansi, ilmu komunikasi, hukum, psikologi, ilmu komputer, serta sastra,” tuturnya.

“Alhamdulillah, capaian ini tentu tidak terlepas dari proses pembinaan yang dilakukan oleh para guru dan keseriusan para siswa dalam belajar. Selamat !,” tandasnya. (Tim Humas)

 

Postingan Terkait