Kota Malang (MAN 2) – Salah satu peserta didik MAN 2 Kota Malang Tahun Pelajaran 2021/2022 kembali diterima di Perguruan tinggi International, kali ini Hilman Agung Saputra kelas XII MIPA 7 membuat bangga Madrasah, setelah dinyatakan lolos dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru di dua Universitas ternama di Kanada dan Asia. Peserta didik yang akrab disapa Hilman ini diterima di University of British Columbia, Vancouver (UBC) dalam program Bachelor of Science dan Nanyang Technological University, Singapore (NTU) dalam program Environmental Earth Systems Science.

Ketua Olimpiade dan KIR MAN 2 Kota Malang Hj. Wulaidah menjelaskan bahwa awal prestasi membanggakan ini diawali dari keikutsertaan Hilman Agung Saputra pada tahun 2020, mengikuti ajang bergengsi Kompetisi Sains Nasional (KSN) bidang Kebumian yang diadakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, dan saat itu berhasil meraih medali perak. Kemudian terpilih menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang International Earth Science Olympiad (IESO) pada tahun 2021 dan berhasil mempersembahkan medali perunggu untuk tim merah putih.

“ Alhamdulillah kembali peserta didik MAN 2 Kota Malang, diterima di Perguruan tinggi International, kali ini Hilman Agung Saputra yang sebelumnya berprestasi diajang bergengsi Kompetisi Sains Nasional (KSN) bidang Kebumian meraih medali perak. Kemudian terpilih menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang International Earth Science Olympiad (IESO) pada tahun 2021 berhasil mempersembahkan medali perunggu untuk tim Indonesia, maka dari modal prestasi inilah ananda Hilman mengikuti seleksi dan dinyatakan lolos diterima dalam penerimaan mahasiswa baru di University of British Columbia dan Nanyang Technological University, Singapore (NTU).” Jelas Hj. Wulaidah.

Masih menurutnya, pada tahun 2021 Hilman Agung Saputra mendapat kesempatan untuk mengikuti program beasiswa studi lanjut ke luar negeri yang diselenggarakan oleh Kemdikbud. Program beasiswa ini bertajuk Beasiswa Indonesia Maju (BIM), yang dikhususkan untuk Siswa Berprestasi Ajang Talenta Nasional yang dilaksanakan oleh Puspresnas Kemdikbud. Dalam program ini, Hilman berhasil lolos dan melanjutkan langkahnya dengan mendaftarkan diri ke kampus-kampus yang diinginkan dan akhirnya dinyatakan diterima di dua kampus tersebut.

“Proses ini dilalui setelah ananda Hilman Agung Saputra mengikuti Program Beasiswa Indonesia Maju (BIM), yang memang dikhususkan untuk Siswa Berprestasi Ajang Talenta Nasional oleh Puspresnas Kemdikbud, dan akhirnya ananda Hilman berhasil lolos dan melanjutkan langkahnya dengan mendaftarkan diri ke kampus-kampus yang diinginkan dan seteah itu dinyatakan diterima di dua kampus tersebut dengan seleksi yang cukup kompetitif,” Ucap beliau yang keseharianya sebagai Guru Matematika.

Sementara itu Kepala MAN 2 Kota Malang H. Mohammad Husnan mengatakan bahwa Prestasi International ananda Hilman Agung Saputra, dengan diterimanya di University of British Columbia, Vancouver (UBC) dalam program Bachelor of Science dan Nanyang Technological University, Singapore (NTU) dalam program Environmental Earth Systems Science ini, terwujud berkat kerja keras dan proses yang dilalui peserta didiknya selama ini. Selain Hilman selalu aktif dalam program pembinaan intensif yang diadakan Madrasah, dia juga dikenal sebagai peserta didik yang sangat tekun belajar secara mandiri.

“ Atas nama Madrasah kami ucapkan selamat dan sukses atas prestasi internasional ananda Hilman Agung Saputra dengan diterimanya di University of British Columbia dan Nanyang Technological University, Singapore (NTU). Madrasah berharap Ananda Hilman akan terus berkembang dan mampu menyelesaikan studinya sampai selesai dengan baik, dan pada studinya bisa menjadi insan yang bermanfaat untuk sesama dilingkunganya. Selain itu, prestasi membanggakan ini, Kami berharap ananda Hilman akan mampu menjadi pemacu semangat untuk meraih prestasi lebih tinggi lagi,” Ucap Kamad. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait