Kota Malang (MAN 2) – Workshop peninjauan kurikulum sukses digelar oleh Ma’had Al-Qalam pada Rabu (22/06/22) kemarin. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Mini Hall PSBB MAN 2 Kota Malang dengan dihadiri para pengurus dan Drs. H. Mohammad Husnan, M.Pd. selaku kepala MAN 2 Kota Malang dan Jajaran komite yang diwakili oleh Prof. Dr. KH. Kasuwi Saiban, M.Ag. serta Dr. H. Saiful Mustofa, M.Pd hadir untuk menjadi tim ahli. Acara dimulai dengan pemaparan pedoman kurikulum lama oleh H. Ahmad Taufiq Wahyudi AS., Lc., M.A. selaku ketua ma’had, dilanjutkan dengan pembedahan oleh tim ahli dan diskusi per divisi.

Dalam sambutan awal dan sekaligus laporanya,  Ketua Ma’had Al-Qalam, H. Ahmad Taufiq Wahyudi AS., Lc., M.A. menjelaskan bahwa secara garis besar, Kurikulum Ma’had Al-Qalam sudah terintegrasi dengan kurikulum MAN 2 Kota Malang.

“Selama ini Kurikulum Ma’had Al-Qalam sudah terintegrasi dengan kurikulum MAN 2 Kota Malang. Ma’had juga menitik beratkan pada pengembangan materi pendalaman agama (dirasah islamiyah) dan pengembangan diri bahasa asing (Arab dan Inggris), serta praktik pengamalan Agama Islam secara komprehensif.” Ujar Ust Taufiq, yang pernah studi S1  di Al Azhar University Cairo Mesir.

Sementar itu, Kepala MAN 2 Kota Malang H. Mohammad Husnan menyampaikan bahwa kegiatan Ma’had Al Qalam harus bertujuan untuk berinovasi dan menciptakan strategi dalam menunjang kompetensi para santri.

“ Inovasi Kurikulum Ma’had Al Qalam harus mampu dilaksanakan dengan baik oleh Santri, agar bisa mengembangan dan mengetahui kompetensi para Santri yang berbeda karakter, kemampuan dalam menerima ilmu yang bertujuan para santri bisa berprestasi dan berakhlaq yang baik,” Ucap Kamad.

Pada sesi penyampaian review pedoman, Prof. Dr. KH. Kaswi Saiban, M.Ag. dan Dr. H. Saiful Mustofa, M.Pd. menyampaikan bahwa kurikulum yang ada di Ma’had sudah bagus. Kedua beliaunya juga memberikan saran terkait kegiatan yang dapat menunjang kompetensi para santri di bidang tahfidz, tahsin, dan kebahasaan agar dapat dilaksanakan dengan baik.

Kegiatan workshop kurikulum Ma’had Al-Qalam berikutnya, merevisi pedoman dengan mempresentasikan masing-masing pengurus Ma’had, dan acara dilaksanakan dengan baik hingga berakhir pukul 15.00 Wib. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait