Kota Malang (MAN 2) – Memasuki hari kedua Pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Rabu (13/07/22), para peserta menerima materi Urgensi Moderasi Beragama dan Pendidikan Karakter di Madrasah yang disampaikan Prof. DR. H. Agus maimun, M. Pd selaku Ketua Komite MAN 2 Kota Malang dan yang bertugas keseharianya sebagai guru besar UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Materi yang disampaikan diikuti dengan sangat antusias oleh 425 Peserta MATSAMA.

Paparan kali ini disampaikan pemateri secara ringan dan penuh interaksi langsung, sehingga mudah diserap oleh para peserta. Dalam materinya H. Agus Maimun menyampaikan bahwa Generasi Emas Untuk Menyambut 100 Tahun Indonesia Merdeka,  wajib cinta agama, cinta ilmu, cinta kemajuan dan cinta tanah air.

“ Kita sebagai bagian masyarakat Indonesia harus berperan aktif mempersatukan keberagaman dalam segala hal termasuk setiap pemeluk agama, kemudian menghormati semua ajaran dan mengamalkan ajaran agama masing-masing  yang dianutnya, maka dari itu sebagai peserta didik yang studi di madrasah, kalian harus bisa menghormati agama lain , meskipun kita tidak hanyut didalamya, dan anda harus mencintai agama kita dengan baik dengan didasari cinta ilmu, cinta kemajuan dan cinta tanah air itu yang penting.  ” ujarnya.

Lebih lanjut H. Agus Maimun  menyampaikan Pendidikan karakter bagi peserta didik di madrasah, harus bisa mengamalkan  nilai-nilai karakter dengan baik, meliputi pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai ilahiyah dan insaniyah, baik terhadapAllah SWT, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan.

“Agar kalian dapat menjadi generasi yang berkarakter, maka carilah ilmu pengetahuan, kesadaran atau kemauan dalam hal kebaikan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai ilahiyah dan insaniyah, baik terhadapAllah SWT, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan,”Ucap beliau. (Tim Humas).

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait