Kota Malang (MAN 2) –  Kegiatan rutinitas Pramuka MAN 2 Kota Malang setiap awal tahun pelajaran baru adalah mengadakan orientasi penerimaan anggota baru pramuka (Openaba) satu paket dengan kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA). Kegiatan OPENABA yang dilaksanakan Kamis malam (14/7/22) kemarin dihadiri Kepala MAN 2 Kota Malang Drs. H. Mohammad Husnan, M.Pd yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) Pangkalan MAN 2 Kota Malang. Kegiatan yang dikemas dalam Upacara api unggun yang dipimpin langsung Kamad tersebut bertempat di halaman Taman Wisata Lembah Dieng Kabupaten Malang ini, bertujuan untuk Pengukuhan Anggota Baru Pramuka MAN 2 Kota Malang. Suasana gembira malam itu menyelimuti seluruh peserta OPENABA dan Panitia saat Api Unggun dan Kembang Api secara serentak dinyalahkan.

Dalam amanatnya, H. Mohammad Husnan berharap kegiatan OPENABA ini bisa menjadi kesan dan pengalaman yang tak terlupakan bagi peserta usai Pandemi melanda dunia pendidikan, sekaligus Api unggun adalah api yang dibuat atau dinyalakan dari timbunan kayu agar nyalanya lebih terang dan hangatnya lebih meluas untuk suatu kepentingan. Makna yang terkandung dari api unggun adalah nyala api yang berkobar seperti semangat para anggota pramuka yang membara. Panasnya api melambangkan kekuatan rasa persatuan dan persaudaraan antar anggota pramuka yang tanpa kenal lelah dan menyerah.

“Jadikan kegiatan ini menjadi pengalaman berkesan bagi kalian, dengan menyalanya api unggun pertanda terangnya hati kita, dan juga semangat kita harus tetap menyala dan tanpa lelah serta tanpa menyerah dalam mengahadapi studi di MAN 2 Kota Malang nanti.” Ucap beliau.

Persiapan upacara api unggun ini sendiri dilaksanakan usai sholat Isya berjama’ah di lokasi lembah dieng, peserta dan panitia berbaris rapi di sekeliling api unggun yang dinyalakan langsung oleh Kamabigus MAN 2 Kota Malang H. Mohammad Husnan yang juga bertindak sebagai pembina upacara. Seusai upacara api unggun acara dilanjutkan dengan pentas seni, renungan malam, dan acara lainnya hingga jum’at dengan materi Outbound. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait