Kota Malang (MAN 2) – Language Development Center (LDC) MAN 2 Kota Malang mulai hari Rabu – Kamis (7-8/09/22) melaksanakan kegiatan Test of English as a Foreign (TOEFL) bagi peserta didik kelas XII. Hal ini rutin dilakukan LDC setiap semester 1 dengan bekerjasama dengan English First (EF) Malang. Acara Test TOEFL yang dilaksanakan di Laboratorium Komputer Lantai 3 MAN 2 Kota Malang ini dilakukan secara online, adalah salah satu persiapan yang memang harus dilakukan peserta didik untuk menguji kemampuanya dalam penguasaan bahasa Inggris, sebelum mengikuti test Toefl yang sesungguhnya yang dilaksanakan perguruan tinggi dalam dan apalagi diluar negeri.

Menurut Kepala Madrasah Drs. H. Mohammad Husnan, M.Pd menyampaikan bahwa tujuan kegiatan Test TOEFL ini diadakan, adalah dapat memonitor perkembangan kemampuan bahasa inggris peserta didik. Tak hanya itu, saat ini beberapa perguruan tinggi menggunakan sertifikat toefl sebagai salah satu persyaratannya saat mendaftar ke perguruan tinggi. Maka dari itu test TOEFL ini sangat penting sekali untuk dilakukan sebagai bahan latihan sejauh mana kemajuan peserta didik Madrasah terhadap pembelajaran bahasa Inggris yang selama ini didapat di mata pelajaranya.

“Kegiatan Test TOEFL bagi kelas XII ini, nantinya akan berguna untuk melihat perkembangan kemampuan bahasa inggris kelas XII, khususnya yang memerlukan percakapan menggunakan bahasa inggris yang baik dan benar, dalam rangka persiapan studi lanjut ke luar negeri, Selain itu juga menjadi tolak ukur untuk mengetahui sejauh mana kecakapan peserta didik Madrasah dalam menggunakan bahasa Inggrisnya yang diperoleh di kelasnya selama ini, kedepan kita juga akan mengembangkan tes standar bahasa arab yang dikenal dengan Test of Arabic as Foreign Language (TOAFL).” Ujar Kamad.

Hal yang sama disampaikan Wakasis Anita Yusianti, M.Pd, bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peserta didik kelas XII, untuk mengukur kemampuan dalam berbahasa inggris dan dapat digunakan untuk syarat mendaftar di perguruan tinggi nantinya.

“Test TOEFL ini merupakan tes yang memiliki standar internasional yang digunakan sebagai pengukur kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki Peserta didik MAN 2 Kota Malang. Ketika kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki peserta didik tersebut telah memenuhi syarat, maka akan lebih mudah baginya untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan tentu saja di luar negeri yang mensyaratkan TOEFL sebagai syarat terpenting.” Ucap beliau.

Sementara itu Waka Humas H. Ahmad Thohir Yoga, M.Pd, M.Ed  yang menggagas Program MAN 2 Kota Malang Menjelajah Dunia (MADU MANJA) ini, menyampaikan bahwa kegiatan tes ini merupakan program rintisan untuk mengikuti praktik internasional dalam menilai kemampuan bahasa Inggris bersama EF ini sudah terjalin lebih dari 15 tahun lebih, diantara hasilnya peserta didik MAN 2 Kota Malang bisa studi lanjut “Go Global” di 40 lebih perguruan tinggi luar negeri. (Tim Humas)

KLIK SURAT :

01078-Informasi Test Toefl-Wali Kelas XII

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait