Kota Surabaya (MAN 2 Kota Malang) – Rabu (7/09/2022) kemarin, sejumlah 140 peserta mengikuti Historical Field Trip ke Museum yang ada di Surabaya. Rombongan yang terdiri atas 7 (tujuh) orang guru yakni Drs. M. Jazuli, Sri Hidayati, M.Pd, Dra. Umul Islamiah, Indah Fajarwati, M.Pd, Rintahani Johan Pradana, M.Pd, Eko Frasetyo Idul Fitra, S.Pd, M.Abudzar Al Qhifari, S.Pd, dan 133 peserta didik MAN 2 Kota Malang kelas X dan XI IPS tersebut mengunjungi Museum TNI – AL, Museum 10 Nopember, Museum Dr.Sutomo dan Museum Pendidikan. Kunjungan rombongan dalam rangka belajar ke beberapa museum, yang merupakan bagian dari kegiatan pembelajaran pada Mata Pelajaran Sejarah. Selain itu agar peserta didik bisa melihat langsung beberapa koleksi benda milik museum, dan mendapatkan tambahan pengetahuan sejarah dari penjelasan yang diberikan oleh Tour Guide Museum.

Ketua Mapel Sejarah Drs. M. Jazuli menyampaikan bahwa kegiatan di Museum TNI-AL Surabaya ini,  peserta didik MAN 2 Kota Malang tidak hanya belajar tentang perjalanan sejarah TNI Angkatan Laut dalam mempertahankan dan mengamankan wilayah NKRI, namun juga mendapatkan pengalaman simulasi Navigasi Astronomi dalam ruang Planetarium.

“ Alhamdulillah peserta didik MAN 2 Kota Malang mengikuti penjelasan di Museum TNI-AL, dan merespon dengan baik. Interaksi bersama petugas museum Kopda Bahari Mohammad Ashari terkait rasi bintang bisa dikuti dengan bak dan dijawab dengan tepat oleh anak-anak,” Ucap beliau.

Sementara itu Johan Pradana, M.Pd salah satu Guru Mapel Sejarah madrasah mengatakan bahwa kegiatan Historical Field Trip ke Museum ini, peserta didik bisa belajar tentang perjalanan historis dunia maritim di Indonesia.

“ Kegiatan ini membuat peserta didik jadi mengetahui sejarah dunia maritim, bahwa dulu sebelum ada teknologi GPS, nenek moyang kita sebagai bangsa pelaut menggunakan keberadaan rasi bintang di alam raya untuk melakukan penjelajahan samudera. Hal ini, tentunya menjadi bekal pengetahuan dan skill yang bagus untuk peserta didik membaca rasi bintang. Bisa mengetahui arah mata angin, kapan masuk waktu fajar.” Jelasnya.

Historical Field Trip ke Museum yang ada di Surabaya ini tidak hanya mengunjungi Museum TNI-AL, peserta didik MAN 2 Kota Malang juga mendapatkan kesempatan untuk belajar sejarah di Museum 10 Nopember, Museum Dr.Sutomo, dan Museum Pendidikan. Kegiatan yang digagas dengan motto: Kenali Sejarah Bangsa mu, Cintai Budaya Negeri mu  ini ditutup dengan kunjungan ke Masjid Al Akbar Surabaya. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait