Kota Malang (MAN 2) – Prof. Josaphat ‘Josh’ Tetuko Sri Sumantyo, Ph.D. yang saat ini menjabat Full Professor (permanent staff) di Center for Environmental Remote Sensing, Universitas Chiba, Jepang dan sebagai profesor/dosen tamu di berbagai universitas, pada hari Rabu (19/09/22) kemarin mengunjungi MAN 2 Kota Malang. Kunjungan tamu guest lecture yang menjadi salah satu pemegang paten antena mikrostrip iniini, diterima Waka Humas HA. Thohir Yoga, M.Pd, M.Ed, Wakasis Anita Yusianti, M.Pd, Mishad, M.Pd, Dra. Hj. Wulaidah Z, dan tim pembina olimpiade kebumian dan geografi serta peserta didik yang tergabung di tim olimpiade kebumian dan geografi MAN 2 Kota Malang. Prof Josh yang saat ini menjabat juga sebagai dosen tamu di ITS Surabaya.

Wakahum MAN 2 Kota Malang HA Thohir Yoga menyampaikan apresiasi kedatangan ilmuwan dunia yang merupakan seorang saintis Internasional asal Indonesia dan juga penemu SAR (Synthetic Aperture Radar) ini adalah menjadi peneliti, lecturer, dan pengelola laboratorium di Center for Environmental Remote Sensing Chiba University, Jepang.

“ Alhamdulillah kita kedatangan ilmuwan dunia asli Indonesia, Beliau merupakan seorang saintis Internasional asal Indonesia dan juga penemu SAR (Synthetic Aperture Radar) yang sekarang menjadi peneliti, lecturer, dan pengelola laboratorium di Center for Environmental Remote Sensing Chiba University, Jepang. Suatu kehormatan madrasah mendapat kunjungan Profesor Josh dari Chiba University Japan dan sebagai dosen tamu di berbagai universitas di Indonesia, termasuk ITS . Kedatangan ini juga untuk melakukan sosialisasi dan dialog dengan peserta didik MAN 2 Kota Malang untuk memberikan akses informasi tentang pendidikan lanjut di Luar negeri khususnya di negara Japan,” Ucap Mr. Yoga panggilan akrab beliau.

Sementara itu dalam penyampaianya, Prof. Jos memberikan motivasi, pandangan tentang keilmuan Remote Sensing kepada siswa peserta Olimpiade Geografi dan Ilmu Kebumian dan menyampaikan bahwa untuk “menguasai dunia” tidak perlu menjadi orang lain. Cukup menjadi diri sendiri dan menjadi pionir dalam bidang masing-masing.

“Sebagai seorang saintis, kita harus merubah mindset kita.  Selama ini kita tertanam mindset bahwa harus mengejar ketertinggalan dari negara maju lain. Itu adalah kesalahan, kita harus mampu leading dan menguasai IPTEK buatan kita dan original agar semua negara merasa membutuhkan apa yang kita kuasai” ujar Prof Jos.

Pada kesempatan lain, beliau juga menyampaikan pesan semangat kepada tim olimpiade untuk bisa menjadi pribadi yang baik dan menjaga kesopanan, terus mengejar cita-cita, harus banyak ide, menjaga harga diri, berbicara dan berpikir positif, kemudian cepat bangkit dari kegagalan dan kerugian, selalu melihat baik pribadi dan karya orang lain, mengumpulkan kekuatan dan kelebihan diri dari dalam, tetap menjaga semangat untuk lebih baik, optimis terhadap masa depan, kemudian menghormati teman-teman disekeliling kita dan selalu berbagi ilmu pengetahuan ke seluruh dunia.

Acara diakhiri dengan penyerahan cindera mata dan foto bersama dari Waka Kesiswaan, Mam Anita Yusianti kepada Prof. Jos sebagai ucapan terimakasih karena telah memilih MAN 2 Kota Malang, untuk memberikan ilmu yang luar biasa kepada para civitas akademika. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait