Kota Malang (MAN 2 Kota Malang) – Dalam rangka menanamkan dan meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Allah SWT dan memahami utusan-utusan Allah SWT (Waliyullah) dalam penyebaran Agama Islam di Indonesia terutama di Provinsi Jawa Timur, Ma’had Al-Qalam MAN 2 Kota Malang melaksanakan Wisata Religi yang pertama kalinya. Kegiatan ziarah wali yang dilaksanakan pada Ahad (16/10/2022) kemarin, diikuti oleh santri kelas X, XI Makbi, dan XII Makbi dan didampingi Kepala MAN 2 Kota Malang Drs. Muhammad Husnan, M.Pd, Perwakilan komite sekolah, dr. Nur Kholis Qomari RH, Ketua Ma’had Al Qalam, HA. Taufiq, Lc, MA, serta para pengasuh yang ditugaskan untuk mendampingi yang terbagi menjadi 4 bus dan 1 elf dengan tujuan di tiga lokasi makam waliyullah.

Ziarah Wali ini bertujuan untuk meningkatkan Iman dan mendekatkan diri pada Allah SWT, dengan mendo’akan para waliyullah dan guru kita yang telah wafat, serta menambah wawasan tentang ajaran Islam bagi para santri untuk napak tilas sejarah penyebaran Islam di Jawa Timur.

Ketua Panitia Moh. Muklis, M.PdI menyampaikan bahwa rombongan ziarah waliyullah akan berangkat pukul 06.30 Wib, dan akan langsung bertolak dari Madrasah menuju makam Sunan Maulana Malik Ibrahim di Gresik. Usai dari Gresik, perjalanan dilanjutkan ke Madura untuk menziarohi makam asy-Syeikh al-Haajj Muhammad Kholil bin Abdul Lathif al-Bangkalani atau yang dikenal dengan Syaikhona Kholil. Rombongan mengakhiri kegiatan wisata religi di makam Sayyid Ali Rahmatullah atau yang masyhur sebagai Sunan Ampel Surabaya.

Kepala MAN 2 Kota Malang Drs. H. Mohammad Husnan  menyampaikan tujuan dari ziarah waliyullah bagi santri Ma’had Al Qalam tersebut, diantaranya untuk mendekatkan diri pada Allah SWT, mendo’akan para wali dan guru kita yang telah kembali ke rahmatullah, serta menambah wawasan tentang ajaran Islam dengan tabarrukan (mengharapkan keberkahan), ikroman (memuliakan), ta’dhiman (mengagungkan), dan khidmatan (mengabdi).

“Semoga  keluarga besar Ma’had Al Qalam MAN 2 Kota Malang mendapatkan  berkah para waliyullah dengan adanya kegiatan wisata religi ini, dan semoga kedepan dapat diselenggarakan kembali pada tahun-tahun berikutnya.” Ucap Kamad. (Tim Humas)

 

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait