Kota Malang (MAN 2) – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2022, MAN 2 Kota Malang mengadakan upacara yang diikuti oleh seluruh tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik MAN 2 Kota Malang. Upacara dilaksanakan pada sabtu (22/10/2022) dimulai pada pukul 07.00 di lapangan olahraga MAN 2 Kota Malang. Pembina upacara HSN kali ini diwakili Sukardi, S. Pd selaku wakil kepala bidang kurikulum. Seluruh peserta peringatan HSN 2022 mengikuti prosesi upacara dengan tertib dan khidmat.

Prosesi upacara dimulai dengan pembina upacara memasuki lapangan, kemudian dilanjutkan dengan penaikan dan pengibaran bendera marah putih. Setelah itu, pembacaan pembukaan UUD 1945 oleh petugas upacara dilanjutkan dengan pancasila oleh pembina upacara, dan terakhir, amanat dari pembina upacara.

Dalam amanatnya Sukardi mengingatkan bahwa peringatan hari santri nasional dilaksanakan setiap tanggal 22 Oktober yang tercantum dalam Keputusan Presiden nomor 22 tahun 2015 oleh presiden Ir. H. Joko Widodo. Sejarah Hari Santri Nasional ini wajib diperingati karena aksi resolusi jihad pada 22 Oktober 1945 dimulai dari seruan KH Hasyim Asy’ari kepada para santri dan ulama pondok pesantren dari berbagi penjuru Indonesia. Instruksi tersebut berisi untuk membulatkan tekad dalam melakukan jihad membela tanah air.

” Pada peringatan upacara Hari Santri Nasional (HSN) 22 Oktober 2022 ini merupakan perayaan khusus yang berawal dari fatwa yang disampaikan KH Hasyim Asy’ari, dimana pada 22 Oktober 1945, KH Hasyim Asy’ari memimpin perumusan fatwa resolusi jihad di kalangan pesantren, dimana saat itu membulatkan tekad dalam melakukan jihad membela tanah air, dan KH Hasyim Asy’ari menyebut aksi melawan penjajah hukumnya fardhu ‘ain. ” Jelas beliau.

Kemudian tidak lupa Sukardi mengingatkan dalam sambutan terakhirnya bahwa peringatan hari santri nasional ini, peserta didik diharapkan semakin menyadari posisinya sebagai generasi calon penerima tongkat estafet penerus bangsa, harus dapat memerangi segala hal yang tidak sesuai dengan nilai-nilai agama dan ideologi bangsa, maka perlu dibekali dengan Ilmu agama dan ilmu pengetahuan selama menuntut di Madrasah dengan keseriusan.

“Kedepan peserta didik MAN 2 Kota Malang harus bisa memberikan warna yang baik dalam membangun peradaban umat di Indonesia, harus siap menjadi Presiden dan profesi yang lainya. ” Ucapnya. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait