Kota Malang (MAN 2) – Pengamatan gerhana bulan selasa sore (8/11/22) kemarin di Observatorium Gedung Sains Terpadu Lantai V dilaksanakan oleh 30 peserta didik  dengan didampingi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Farid Nasrullah dan Pembina Olimpiade Harun, Ratih, Nadya, Denny, Ayesha, Silvi, Atikah yang menjaga berbagai teleskop di dalam kotak penyimpanan dan saat teleskop tersebut didirikan. Tujuan kegiatan ini dalam rangka pengaplikasian ilmu yang telah dipelajari bidang mata pelajaran  Astronomi, Kabumian, Geografi, Fisika dan juga sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT mempelajari alam.

Guru PAI Madrasah Farid Nasrullah menyampaikan kegiatan pengamatan gerhana bulan yang dilakukan peserta didik di Observatorium Lab Olimpiade Sains Terpadu untuk mengamati dan mempelajari gerhana bulan dari sisi sains dan agama.

“Pengamatan gerhana bulan dilakukan Tim olimpiade mapel Astronomi, Kebumian, Geografi, Fisika mulai habis sholat Asar dengan pendampingan dari kami, dengan materi sains bola langit dan optika hingga pelaksanaan sholat maghrib dan sholat gerhana, dan setelah itu di lanjutkan dengan Pengoperasian teleskop dan pengamatan gerhana, namun hasilnya kurang terlihat , karena kondisi langit mendung dan hujan,” Jelas Farid.

Menurutnya, peserta didik antusias dan turut membantu acara pengamatan, mulai dengan melakukan pengaturan teleskop serta peralatan lainya tidak asing badi mereka yang selama ini dipelajarinya.

“Cuaca malam yang tidak mendukung, alias hujan dan mendung, membuat Bulan hanya sebentar terlihat, Walaupun sempat terlihat sedikit, tapi kurang puas. Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar dalam rangka pengaplikasian ilmu sains yang berintegrai dengan ilmu agama Islam,” katanya.

Sementara itu Kepala MAN 2 Kota Malang H. Mohammad Husnan mengatakan bahwa Fenomena alam gerhana bulan total 8 November 2022 kemarin bisa diamati di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk yang dilakukan peserta didik MAN 2 Kota Malang.

“Alhamdulillah tim olimpiade yang tergabung dalam bidang  astronomi, kebumian, geografi, fisika berkesempatan mencoba sains dan astronomi yang di praktekan dengan pengamalan integrasi dalam ibadah sholat gerhana bulan,” jelasnya.   (Tim Humas)

 

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait