Kota Malang (MAN 2) – Usai menghadapi kegiatan Penilaian Akhir (PAS) semester ganjil tahun pelajaran 2022-2023, OSIS MAN 2 Kota Malang mengadakan kegiatan MEGAFEST (Madaers Gathering Festival) SPARCO X Festival Kewirausahaan. Acara yang diadakan pada Rabu (14/12/22) pagi ini, dibuka Plt Kepala Madrasah Anita Yusianti, M.Pd, dihadiri GTK serta disaksikan peserta didik MAN 2 Kota Malang kelas X dan XI. Festival yang menjual jajanan Indonesia ini dibuat sendiri peserta didik hasil dari praktek pelajaran pendidikan prakarya dan kewirausahaan (PKWU) selama ini dan juga bertujuan menanamkan jiwa, sikap, dan etika wirausaha kepada peserta didik. Untuk stan kelas-kelas yang menyajikan produk festival tersebut dipusatkan didepan Aula Madrasah.

Plt Kepala Madrasah Anita Yusianti, M.Pd menyampaikan bahwa selama ini guru PKWU sudah memberikan bekal pengetahuan tentang kewirausahaan dan keterampilan tangan untuk menjadi modal peserta didik membuka usaha.

“ Salahsatu kegiatan festival kewirausahaan ini sebagai bentuk penyegaran diri bagi peserta didik mengisi waktu luang yang ada setelah melewati proses serangkaian Penilaian Akhir Semester (PAS), kemudian juga dirancang sebagai media untuk mempererat tali persaudaraan antar peserta didik, menciptakan jiwa kewirausahaan (enterpreneurship) yang kuat, jujur, kreatif, dan disiplin, semoga hal ini menjadi salah satu kunci utama kompetensi peserta didik dalam menyiapkan generasi mencintai produk dalam negeri.” Ucap Mrs. Anita.

Menurut pendapatnya, bahwa kewirausahaan ini bukanlah dalam arti mengharuskan dan menjadikan para peserta didik menjadi pengusaha, akan tetapi pada prinsipnya adalah peserta didik bisa memahami dan menjiwai semangat kewirausahaan.

“ Acara yang diadakan selama 3 hari ini (14-16/12/22), harapan kami peserta didik MAN 2 bisa mengerti sebuah proses dunia usaha, misalnya dengan mengikuti mata pelajaran guru PKWU dan praktek langsung, sekaligus pemasaranya. Oleh sebab itu, adanya kegiatan festival kewirausahaan nantinya akan memiliki jiwa yang ulet, semangat juang yang pantang menyerah, selalu melihat ke depan dan melihat halangan atau tantangan adalah peluang untuk masa depan,” ucapnya

Salahsatu stan yang ramai pengunjung, dan dijaga Sasa dan Rara kelas X menyampaikan bahwa seluruh produk yang dijual olehnya dan stan lainya produk peserta didik adalah nakanan khas Indonesia.“ Semua makanannya yang di stan teman-teman enak semua, asli Indonesia yang dikemas kekinian, dan hasil dari usaha penjualan semuanya untuk operasional Kas Kelas kita he.he” Ucapnya. (Tim Humas)

 

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait