Kota Malang (MAN 2) — MAN 2 Kota Malang sangat menekankan pentingnya shalat berjamaah dalam kehidupan sehari-hari bagi Peserta didik. Hal ini dilakukan Madrasah dalam kegiatan rutin pelaksanaan shalat dzuhur dan Asar berjamaah bagi peserta didik di Masjid Al-Falah, sedangkan khusus sholat berjamaah bagi peserta didik yang tinggal di Ma’had Al Qalam wajib mengikuti sholat berjamaah 5 waktu. Selain sholat berjama’ah, peserta didik dituntut mengikuti dzikir dan mendengarkan dengan baik kultum yang disampaikan temannya secara bergantian.

Salah satu Guru PAI Irsyadul Ibad, Lc yang siang ini (5/01/23) menjadi Imam Jama’ah menyampaikan bahwa Kegiatan shalat berjamaah ini wajib dilaksanakan di madrasah, karena sebagai sarana latihan untuk menjalankan perintah Allah SWT, juga mendidik peserta didik untuk menjadi disiplin, baik disiplin dalam belajar maupun disiplin pada tata tertib madrasah.

” Pada kegiatan Shalat Dzuhur berjamaah diikuti oleh seluruh peserta didik diupayakan menjadi pembiasaan, supaya mampu untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik, dan menjadi salah satu kegiatan yang terus menerus dilakukan diluar jam pelajaran, untuk melatih peserta didik lebih teratur dan terarah dan mendisiplinkan diri dalam menjalankan ibadah.” Ucap Ust Ibad di hadapan jamaah peserta didiknya.

Sementara itu, Plt Kamad Anita Yusianti, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan sholat berjamaah ini selain wajib dilaksanakan di Masjid, hal ini seharusya menjadikan hal positif bagi peserta didik, karena dengan adanya shalat Dzuhur dan Asar berjamaah, diharapkan mampu menjadikan peserta didik semakin biasa, disiplin dan aktif dalam melaksanakan sholat fardhu yang lainya di tempat Ibadah masing-masing secara tepat waktu.

” Peserta didik perlu kami ingatkan terus menerus, bahwa shalat berjamaah itu mempunyai berbagai keutamaan diantaranya, mendapatkan pahala 27 derajat dibandingkan dengan shalat sendirian dan shalat berjamaah ini juga dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan diantara kaum muslim dan membentuk akhlak yang mulia, dan juga Melaksanakan shalat yang tertib dan teratur, dapat berimbas pada kedisiplinan peserta didik dalam melakukan pembelajaran dikelas, dan semakin bagus ibadah shalatnya, semakin baik pula tingkat kedisiplinannya,,” Pungkas Mrs. Anita panggilan akrabnya. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait