Kota Malang (Aula MAN 2) — Kegiatan Pondok Romadhon (Ponram) merupakan kegiatan rutin yang sudah menjadi program pendidikan karakter bagi peserrta didik MAN 2 Kota Malang yang dilaksanakan setiap datang bulan Ramadhan. Atas dasar itulah itu Kepala MAN 2 Kota Malang Drs. Samsudin, M.Pd didampingi Wakasis Anita Yusianti, M.Pd, Wakahum H. Ahmad Thohir Yoga, M.Pd, M.Ed, Wakasarpras Mujaini, M.PdI dan Ketua Panitia Drs. Khoirul Insan pada hari Sabtu (01/04/23) mengadakan pembukaan kegiatan Pondok Ramadhan 1444 H yang diikuti seluruh peserta didik kelas X dan XI. Kegiatan yang mengambil tema “Membangun Generasi Islami Melalui Media Sosial” ini dilaksanakan selama lima hari, mulai hari Senin, 3 April 2023 – Kamis, 6 April 2023 bertempat di kelas-kelas yang telah ditentukan serta Aula Madrasah.

Dalam penyampaian Laporanya, Drs Khoirul Insan menyampaikan bahwa kegiatan Ponram 1444 H ini diikuti seluruh peserta didik kelas X dan XI yang yang terbagi dalam 2 kegiatan yang berbeda, yakni khusus Peserta Putra dan Peserta Putri dibedakan jadwal kegiatanya.

” Dalam  kegiatan Ponram ini, akan kami bagi jadwal yang berbeda antara peserta putra dan putri, dan seluruh peserta wajib mengikutinya, mulai dari Kegiatan Tadarus Al-Qur’an, Sholat Dhuha, Pemberian Materi, Kultum atau Kajian Sore, Buka Puasa Bersama Kajian Bada’ Tarawih, Lomba Kreatif Edukatif dan Sholat Fardhlu berjamaah di Masjid.” Jelasnya.

Sementara itu dalam sambutanya, Kamad MAN 2 Kota Malang Drs. Samsudin, M.Pd menyampaikan bahwa Bulan Ramadhan adalah bulan yang luar biasa, penuh dengan berkah, untuk itu dalam menggunakan Media Sosial harus dimanfaatkan dan beretika yang baik.

“ Pada Bulan Ramadhan ini kami mengingatkan kembali, bahwa setiap perbuatan positif apapun yang kita lakukan akan mendapatkah pahala yang berlimpah, dan Media sosial sekarang ini sangat melekat dengan kita, sehingga setiap hari kita membuka media sosial. Setiap hari banyak dari kita yang mempossting atau membagikan konten di media sosial, ada yang positif dan ada yang negatif. Kita sebagai peserta didik MAN 2 Kota Malang haruslah pintar – pintar agar kita tidak tejerumus pada konten negatif yang ada dimedia sosial. Apalagi dibulan Ramadhan dapat membuat sikap dibulan puasa berkurang.’ Ucap Kamad.

Kamad juga mengingatkan sebuah hadits tentang keselamatan manusia tergantung pada kemampuannya menjaga lisan.  “ Anak-anak jadikan kebersamaan Ponram ini sebagai media kesuksesan kita semua, untuk itu setiap tingkah laku harus dijaga dengan baik, sopan santun, dan yang lebih penting supaya bisa menjaga lisan, karena ketajaman lisan yang kadang juga dilakukan dalam aktivitas di media sosial.” Pungkas Kamad. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait