Kota Malang (MAN 2) – Salah satu pengasuh Ma’had Al Qalam MAN 2 Kota Malang mewakili Indonesia dalam ajang International Conference on Debate & Dialogue. Ajang Internasinal tersebut merupakan kegiatan ilmiah yang di selenggarakan oleh Qatar Debate dibawah naungan Qatar Foundation, kegiatan ini bertajuk seminar yang berjumlah yang diikuti sekitar 150 researcher baik profesor, doktoral, magister serta pemerhati debat dari berbagai manca negara.

“ Semua peserta International Conference on Debate & Dialogue yang dinyatakan lolos, ketika mereka mengirimkan abstrak, semuanya diberangkatkan untuk mengikuti seminar ini dan dibiayai penuh dari pihak penyelenggara,” Jelas M. Rozy Zamrony yang selama ini menjadi Pengasuh sekaligus pendamping santri Ma’had Al Qalam ketika mengikuti berbagai lomba debat dan pidato.

Ia menjelaskan bahwa seminar ini berlangsung selama 2 hari dengan membahas seluk beluk tentang debat dan perannya di masa depan serta sejarah masa lalunya menjadi tema besar dalam seminar ini dengan menggunakan bahasa arab dan inggris disetiap acara berlangsung.

“Kami akan mengikuti agenda seminar yang diadakan Qatar Foundation ini mulai dari tanggal 29 sampai dengan tanggal 30 mei 2023, dengan melalui dua sesi setiap harinya, sesi pertama adalah sesi utama kemudian dilanjut dengan sesi pararel dengan menggunakan Bahasa arab dan inggris, mohon do’anya bisa mengikuti dengan baik, dan Insyaallah besok kamis tanggal 1 juni 2023 sudah kembali ke tanah air tercinta,” Ucapnya, saat dihubungi melalui Chat WA.

Tak lupa, Rozy bersyukur dengan kesempatan ini,” Alhamdulillah banyak manfaatnya, Insyaallah setelah pulang ke Indonesia, saya akan sharing dengan pengurus club bahasa arab atau inggris di Madrasah.”Pungkasnya.

Sementara itu Kepala Madrasah Dr. H. Samsudin, M.Pd mendengar kabar gembira pengasuh Ma’had yang menjadi salahsatu wakil Indonesia ke luar negeri.

“ Alhamdulillah, Ini merupakan kesempatan emas bagi Ust Rozy maupun madrasah untuk memperkenalkan potensi debat Bahasa Arab yang selama ini diajarkan di Santri Ma’had Al Qalam MAN 2 Kota Malang di tingkat internasional. Semoga ini juga merupakan sarana untuk memperkuat hubungan antara Indonesia dan Qatar dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.” Ujar Kamad saat di temui diruang kerjanya (31/05/23).

Kemudian Kamad berharap dengan momentum ini ada kesempatan untuk menjalin kerjasama yang lebih luas lagi, misalnya adanya beasiswa studi lanjut.

“Semoga dengan mengikuti ajang Internasional di Qatar ini, kedepan Ma’had Al Qalam menjadi salahsatu yang dapat memperkuat hubungan kerjasama antara Indonesia dan Qatar serta membuka kesempatan bagi para peserta didik untuk bisa studi lanjut di Qatar, dan bagi pengasuh dan GTK madrasah bisa dapat mengikuti hal serupa untuk memperkaya pengalaman dan wawasan di tingkat internasional,” pungkas Kamad. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait