Kota Malang (MAN 2) – Dari empat program unggulan, salah satu program unggulan di MAN 2 Kota Malang adalah MADU MANJA atau MAN Dua Menjelajah Dunia). Program ini didesain Madrasah untuk memberikan layanan kepada peserta didik mendapatkan beragam akses terhadap program beasiswa ke luar negeri, baik melalui pertukaran pelajaran atau studi lanjut. Program Madu Manja tersebut merupakan Ikhtiar Madrasah melalui pendampingan Wakahum Madrasah HA. Thohir Yoga, M.Ed, M.Pd. Seperti terbaru hari ini, selasa (13/06/23) adalah Faizal Cahya Adhyaksa, peserta didik MAN 2 Kota Malang kelas XI Bahasa ini baru kembali ke Indonesia setelah mengikuti program pertukaran pelajar KL YES selama satu tahun di Amerika Serikat.

KL YES atau Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study adalah program beasiswa penuh yang diberikan oleh U.S. Department of State kepada siswa SMA atau sederajat, yang bertujuan menjembatani pemahaman dan saling pengertian antara masyarakat negara-negara dengan populasi muslim yang signifikan dengan masyarakat Amerika Serikat. Program ini dilaksanakan sejak 2003, dan telah mengirim lebih 700 siswa Indonesia dan menerima 10 siswa dari Amerika Serikat.

Saat penyambutan di Bandara Abd. Saleh Kepala MAN 2 Kota Malang H. Samsudin yang didampingi HA. Thohir Yoga dan para pimpinan yang lainya mengatakan MADU MANJA didesain antara lain dalam bentuk program klub bahasa asing (Arab, Inggris, Jepang, Jerman, dan Perancis), dan program kelas persiapan TOEFL. Program MADU MANJA ini diberikan kepada semua peserta didik kelas X dan XI yang di koordinir oleh Language Development Center (LDC) MAN 2 Kota Malang

“Alhamdulillah, program MADU MANJA ini terbukti efektif. Hampir setiap tahun ada peserta didik MAN 2 Kota Malang yang terpilih dalam program pertukaran pelajar sampai Studi Lanjut ke berbagai negara di dunia,” ucap Samsudin di Kota Malang.

Kamad merasa bersyukur bahwa peserta didik MAN 2 Kota Malang Faizal Cahya Adhyaksa bisa berkesempatan ke USA, dan juga hampir setiap tahun pelajaran, Madrasah dapat  mengirimkan beberapa peserta didiknya bisa ke luar negeri.

“Kami merasa bersyukur dan bangga dengan kembali Faizal Cahya selama setahun mengikuti program pertukaran pelajar KL YES ke Amerika. Keikutsertaan ananda dalam program ini menunjukkan bahwa salah satu program madrasah yakni MADU MANJA terbukti efektif. Hal ini tentu menjadi motivasi dan inspirasi bagi peserta didik lain baik yang ada di MAN 2 Kota Malang maupun di madrasah dan sekolah lain,” terang Samsudin.

Sementara itu Wakil Kepala MAN 2 Kota Malang bidang Kehumasan HA. Thohir Yoga menambahkan, bahwa program ungggulan MADU MANJA sudah berjalan lebih dari lima tahun di MAN 2 Kota Malang dirancang sebagai layanan dan akses terhadap program internasional antara lain klub bahasa asing dan program persiapan TOEFL yang diberikan kepada semua peserta didik kelas X dan XI. Program ini bertujuan memberi penguatan bekal yang baik dalam mendukung peserta didik ketika harus berkompetisi pada program-program internasional.

“Alhamdulillah tahun ini dua peserta didik didik kami berhasil lolos mengikuti program students exchange. Selain Faizal Cahya di USA, sebelumnya ada Maftuhatusyifa yang dua bulan lalu juga kembali dari mengikuti program Kakehashi Exchange Program ke Jepang,” ujar Mr. Yoga panggilan akrabnya.

Dari Bandara, Faizal Cahya Adhyaksa ke Madrasah untuk menemui GTK dan peserta didik MAN 2 Kota Malang. Apresiasi kegembiraan atas kedatanganya sudah ditunggu seluruh peserta didik MAN 2 Kota Malang di lapangan olahraga Madrasah.  (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait