Kota Malang (MAN 2) — Satu lagi torehan prestasi internasional diraih oleh peserta didik MAN 2 Kota Malang. Faisal Cahya Adhyaksa peserta didik kelas XI IPS baru saja menyelesaikan program pertukaran pelajar Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES) atau dikenal dengan KL YES Program selama satu tahun ke Amerika Serikat.

Putra kedua dari pasangan Bapak Soemarno dan Ibu Nunuk Sulistyorini yang berasal dari Ds. Kerep Kidul, Bagor, Kabupaten Nganjuk ini selama satu tahun mengikuti program pertukaran pelajar KL-YES di Big Piney High School, Wyoming USA

Kedatangan Faisal disambut dengan suka cita oleh civitas akademika MAN 2 Kota Malang. Kepala Madrasah, Dr. Samsudin, M.Pd, didampingi para Wakil Kepala Madrasah, Ka TU, Wali Kelas, perwakilan OSIS, dan beberapa perwakilan teman sekelasnya secara khusus menyambut di Bandara Abdul Rahman Saleh, Malang.

Ditemui usai acara penyambutan, Dr. Samsudin menyampaikan sangat bangga dan bahagia dengan kembalinya Faisal Cahya dari setahun mengikuti program pertukaran pelajar KL YES ke Amerika.  Keikutsertaan ananda dalam program ini menunjukkan bahwa salah satu program madrasah yakni MADU MANJA (MAN Dua Menjelajah Dunia) terbukti efektif. Hal ini tentu diharapkan menjadi motivasi dan inspirasi bagi peserta didik lain baik yang ada di MAN 2 Kota Malang maupun di madrasah dan sekolah lain.

“Alhamdulillah tahun ini 2 peserta didik didik kami berhasil lolos mengikuti program students exchange. Sebelumnya ada Maftuhatusyifa yang 2 bulan lalu juga kembali dari mengikuti program Kakehashi Exchange Program ke Jepang,” tambahnya.

Menurut Waka Humas MAN 2 Kota Malang, Ahmad Thohir Yoga, Faisal berangkat ke Amerika Serikat bulan Juli tahun 2022. Dia berhasil menjadi salah satu perwakilan pelajar dari Indonesia setelah melalui serangkaian seleksai yang sangat ketat dan berhasil menyisihkan ribuan pelajar lain dari seluruh Indonesia.

“Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES) Program adalah program beasiswa penuh yang diberikan oleh U.S. Department of State kepada siswa SMA atau sederajat, yang bertujuan menjembatani pemahaman dan saling pengertian antara masyarakat negara-negara dengan populasi muslim yang signifikan dengan masyarakat Amerika Serikat. Program Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study telah dilaksanakan sejak tahun 2003, dan telah mengirim lebih dari 700 siswa Indonesia dan menerima 10 siswa dari Amerika Serikat.” ucap Yoga.

Yoga menambahkan bahwa Program klub bahasa asing dan Program persiapan TOEFL yang diberikan kepada semua peserta didik kelas X dan XI tentu menjadi bekal yang baik dalam mendukung peserta didik ketika harus berkompetisi pada program-program di tingkat internasional.

“Melalui program MADU MANJA, madrasah ingin memastikan bahwa peserta didik yang ada di MAN 2 Kota Malang mendapatkan akses informasi dana layanan yang baik sehingga mereka bisa berprestasi sampai ke tingkat internasional, pungkas koordinator MADU MANJA ini.’ Pungkasnya. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait