Kota Malang (MAN 2) – Pada malam hari Jum’at (16/06/2023) kemarin malam hingga sabtu dini hari terasa istimewa, hal ini kembali diadakan pagelaran Art Show di lapangan olahraga MAN 2 Kota Malang. Acara yang dimulai pukul 19.30 Wib tersebut dihadiri Kepala Madrasah Dr. H. Samsudin, M. Pd didampingi oleh Wakasis Anita Yusianti, M. Pd, Wakahum H. A. Thohir Yoga, Wakakur Sukardi, S. Pd, Wakasarpras Mujaini , M. PdI dan GTK MAN 2 Kota Malang serta diikuti oleh peserta didik kelas XII dan alumni MAN 2 Kota Malang. Art Show sendiri adalah pentas seni yang menampilkan persembahan peserta didik kelas X dan XI untuk persembahan kakak kelas XII yang sebentar lagi akan segera meninggalkan almamaternya. Art Show adalah acara yang selalu diadakan setiap tahun di MAN 2 Kota Malang, namun harus terhenti selama 3 tahun terakhir ini yang disebabkan oleh pandemi Covid-19

Menariknya, berbeda dengan Art Show terakhir kali di tahun 2019 yang memerlukan waktu 4-5 bulan untuk persiapan konsep dan latihan, Art Show tahun ini hanya memerlukan waktu 37 hari untuk membuat acara sebagus dan semenarik mungkin. Tentu hal ini tidaklah mudah, sebab penampil Art Show memerlukan kebersamaan dan kerjasama dalam memanfaatkan waktu yang terbatas tersebut. Alhasil, dengan kerja keras dan kedisiplinan mereka untuk mengikuti latihan dan gladi, bisa berbuah manis dengan menciptakan rekor baru

Pukul 19.15 tepat, gerbang utama MAN 2 dibuka. Dipandu oleh panitia Art Show. Para tamu undangan, guru, alumni dan murid kelas 12 beriringan memasuki pagelaran Art Show, lalu duduk di bangku yang sudah dipersiapkan. Acara dibuka dengan sambutan ketua pelaksana Art Show, Muhammad Faiz Zamzami dan Raisa Sofia Az-Zahra.

Dalam sambutanya Kepala MAN 2 Kota Malang, Dr. H. Samsudin, M. Pd yang sekaligus menandai dimulainya Art Show 2023 mengatakan bahwa kegiatan ini perlu disyukuri untuk memberikan kenangan kelas XII dari adik-adiknya yang selama Pandemi sempat terhenti.

“ Alhamdulillah kita panjatkan kepada Allah SWT, Art Show tahun 2023 ini dapat terlaksana yang menggabungan ilmu, seni dan agama, karena dengan ilmu hidup akan semakin mudah sesuai dengan kebutuhan bekal anak-anak untuk masa depan, kemudian dengan seni hidup anak-anak akan semakin indah seperti yang akan ditampilkan adik-adik kalian hasil kolaborasi seni tradisional dan modern untuk memperhalus hati dan keindahan, dan dengan agama hidup akan terarah.” Ucap Kamad yang didampingi para wakil kepala madrasah dan ketua ma’had alqalam.

Ada puluhan penampilan yang meramaikan acara Art Show ini. Mereka menampilkan pertunjukkan sesuai dengan bakat dan ekstrakurikuler yang mereka tekuni. Ada paduan suara yang spektakuler, drama theater yang menghibur, puisi berantai yang menggelitik, penari karawitan yang anggun, tari saman yang kompak, beladiri yang menegangkan dan masih banyak lagi penampilan lainnya. Hingga suasana berubah menjadi haru kala pembacaan puisi untuk kakak kelas XII yang akan diwisuda 3 hari mendatang. Semua penonton hanyut dalam kesedihan mengingat kenangan manis yang diciptakan selama proses pembelajaran di MAN 2 Kota Malang.

Diakhir acara, GTK MAN 2 Kota Malang yang hadir mengaku sangat bangga akan kerja keras dan kerjasama antar peserta didik hingga terbentuklah pertunjukan indah nan megah “Art Show 2023” dalam waktu yang sangat singkat. Acara ditutup dengan foto bersama Kepala Madrasah dan pendamping panitia dari GTK dan peserta didik MAN 2 Kota Malang. “Up on the hills, catching the lights”, jargon Art Show yang mereka serukan dengan lantang, tanda berakhirnya pentas seni malam ini. (Tim Humas/FRIO)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait