Kota Malang (MAN 2) —  Kegiatan Wisuda Angkatan Ke-31 MAN 2 Kota Malang tahun pelajaran 2022/2023 di adakan di Graha Cakrawala Convention Hall Universitas Negeri Malang Selasa (20/6/23) mulai pagi jam 07.00 Wib berakhir pukul 13.00 Wib. Sebanyak 414 peserta didik kelas XII di wisuda dan menjadi ajang 450 prestasi yang telah diraih serta apresiasi madrasah bagi 11 lulusan yang berprestasi dari berbagai kategori.

Hadir pada acara wisuda tersebut, Kepala Kankemenag Kota Malang H. Achmad Shampton, M.Hi, Kasubag TU Nurul Istiqomah, S. Pd.I, M. Pd, Kepala Madrasah Dr. H. Samsudin, M.Pd, Ketua dan pengurus Komite serta GTK MAN 2 Kota Malang.

Dalam sambutanya, Kepala MAN 2 Kota Malang, Dr. Samsudin, M.Pd bersyukur atas 451 prestasi akademik dan non akademik yang sudah diraih berbagai tingkatan, dan menyampaikan lulusan tahun ini (sementara) diterima 104 peserta didik yang diterima di berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Lulusan tahun ini telah melalui proses pembelajaran yang berbeda. Belajar secara online, blended dan offline. “Itu proses yang tidak mudah, namun akhirnya bisa belajar tatap muka setelah pandemi. Ini patut disyukuri,” ucap beliau.

Menurut Samsudin, lulusan tahun ini merupakan generasi yang terampil dalam bidang IT. Serta merupakan generasi yang tangguh karena telah melalui proses belajar sungguh-sungguh yang kreatif dan inovatif. Karena belajar online itu butuh upaya besar.

“Proses pembelajaran itu telah mematangkan kalian semua untuk menghadapi tantangan yang lebih besar, sehingga anak-anak telah menyumbangan prestasi yang luar biasa dan kesuksesan dalam studi lanjut.” Ujar kamad.

MAN 2 Kota Malang telah melaksanakan program-program besar untuk mendidik dan menghasilkan lulusan yang unggul dan kompeten. Upaya itu tidak lain untuk menghantarkan peserta didik ke gerbang kesuksesan di studi lanjutnya.

“Harapan besar kami lulusan MAN 2 Kota Malang menjadi pribadi yang kokoh iman, berakhlakul karimah dan menjadi pemenang dalam persaingan global di masa yang akan datang,” kata beliau.

Kamad optimis lulusan MAN 2 Kota Malang akan selalu menjadi yang terbaik. Itu dibuktikan dengan keberhasilan mereka dalam menjuarai banyak kompetisi selama ini.

“Para lulusan tahun ini yang telah menyumbangkan segudang prestasi Di semester ini ada sebanyak 451 prestasi. 83 tingkat kota, 79 tingkat provinsi, 235 tingkat nasional dan 34 tingkat internasional,tentu prestasi yang diraih ini hanyalah simbolis. Yang paling utama anak-anak  kita bina semaksimal mungkin untuk menjadikan dirinya semakin mandiri dan berakhlak mulia,” tuturnya.

Sementara itu, data sementara tercatat ada 104 lulusan angkatan 31 yang telah diterima di Perguruan Tinggi Dalam Negeri dan Luar Negeri. 16 diantaranya diterima di Fakultas Kedokteran melalui Jalur Prestasi. Dan ada 10 orang yang diterima di Perguruan Tinggi luar negeri melalui program Beasiswa Indonesia Maju.

“ Alhamdulillah data sementara tercatat ada 104 lulusan angkatan 31 yang telah diterima di Perguruan Tinggi Dalam Negeri dan Luar Negeri. Prestasi yang diraih harus disyukuri. Semoga masih banyak yang diterima melalui Jalur UTBK-SNBT, yang akan diumumkan hari ini,” jelasnya.

Kamad berpesan, agar para lulusan dapat mengembangkan potensi yang sudah dimiliki. Pencapaian mereka akan menjadi inspirasi untuk pengembangan pendidikan MAN 2 Kota Malang ke depan.

“Kami juga menyampaikan terimakasih atas kepercayaan orang tua yang telah menitipkan putra-putrinya serta atas kerjasama dan sinerginya selama ini memajukan MAN 2 Kota Malang,” ungkapnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang Achmad Shampton, S.HI, M.Ag, juga berpesan bahwa wisuda dan prestasi yang telah diraih bukan akhir dari segalanya. Melainkan sebuah proses untuk menuju kesuksesan yang lain. “Tantangan kedepan lebih besar. Maka saya berharap kepada para wisudawan tidak melupakan proses ini,” kata Gus Shampton, sapaan akrabnya.

Kakankemenag juga berharap lulusan MAN 2 Kota Malang tidak boleh kehilangan marwah madrasah. Untuk itu Gus Shampton mengimbau agar keunggulan dari sisi keagamaan dapat dijaga.

“Madrasah ini telah mencetak orang-orang hebat. Apapun jurusannya. Tidak hanya sekedar diberi materi yang bersifat akademis. Tapi ciri khas madrasahnya tetap terjaga,” ucapnya.

Menurutnya, kehidupan ini proses. Lulusan yang belum mendapat penghargaan kemarin, belum tentu suatu saat tidak berprestasi. “Yang penting tetap jaga akhlak, hormati dan muliakan orang tua dan guru,” pungkasnya.

Sementara itu, Wisudawan yang memperoleh penghargaan berbagai kategori, sebagai berikut  :

  1. Peraih Nilai Tertinggi Peminatan :

– ASKANA MIRZA MAWLANA IRFANY  Kelas  (XII MIPA 8) Skor : 1670 Rerata : 92,78

– MAULIDAH NAJWA MUMTAZAH  Kelas  (XII IPS 1) Skor : 1636 Rerata : 90,89

– MELSY VERONICAH NEMASARI  Kelas  (XII BAHASA) Skor : 1614 Rerata : 89,67

– RIZKHA NAFANDA WULANDARI Kelas  (XII AGAMA) Skor : 1632 Rerata : 90,67

2. Tahfidz Al-Qur’an :

– MUHAMMAD AZIDEN HERLAMBANG Kelas  (XII AGAMA) – 30 Juz

– FAZARMIR WIDI NUGRAHA Kelas (XII IPS 1) – 15 Juz

– MUHAMMAD JABIR AL HANAN Kelas (XII MIPA 8) – 12 Juz

3. Peraih Nilai TOEFL Tertinggi :

– KAYANA AYUNDA DIYANTI Kelas (XII MIPA 3) dengan Skor 643

4. Peraih Prestasi Akademik :

– RESWARA ANARGYA DZAKIRULLAH Kelas (XII MIPA 8)

5. Peraih Prestasi Non Akademik :

– AURELLIA VANIA WINANDA Kelas (XII MIPA 4)

6. Wisudawan Teladan Angkatan 31 :

– MUHAMMAD SHEVCHENKO RIZKY PRIYANTO (XII AGAMA)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait