Kota Malang (MAN 2) — Kegiatan pengembangan kompetensi yang dikemas dalam Workshop Pengembangan Kurikulum bagi Guru/pendidik MAN 2 Kota Malang pada hari Kamis tanggal 22 – 23 Juni 2023 di Aula PSBB, dengan tema Desain Pembelajaran di Era Society 5.0.” Workshop ini dilaksanakan karena banyak tantangan dan perubahan yang harus dilakukan di era society 5.0 ini. Termasuk yang harus dilakukan oleh satuan pendidikan sebagai gerbang utama dalam mempersiapkan SDM unggul.

Kepala Madrasah Dr. Samsudin, M. Pd menyampaikan bahwa dalam menghadapi era society 5.0, dunia pendidikan berperan penting dalam meningkatkan kualitas SDM.

“Untuk menghadapi era society 5.0 ini satuan pendidikan pun dibutuhkan adanya perubahan paradigma pendidikan. Diantaranya pendidik meminimalkan peran sebagai learning material provider, pendidik menjadi penginspirasi bagi tumbuhnya kreativitas peserta didik. Pendidik berperan sebagai fasilitator, tutor, penginspirasi dan pembelajar sejati yang memotivasi peserta didik. ” ucap Kamad

Sementara ituDr. Deka Dyah Utami, M.Pd.sebagai Pemateri hari pertama dalam Workshop Pengembangan kurikulum dengan tema Desain pembelajaran di era society 5.0 bagi guru MAN 2 Kota Malang menyampaikan dalam pembelajaran perlu menciptakan pendidikan berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia. Melalui peningkatan layanan dan akses pendidikan dasar salah satunya adalah upaya pemenuhan maupun perbaikan infrastruktur dan platform teknologi di MAN 2 Kota Malag.

” Saat ini, pendidikan nasional berbasis teknologi dan infrastruktur yang memadai diharapkan dapat menciptakan pendidikan kelas masa depan.” ucap beliau.

Dalam menghadapi era society ada dua hal yang harus dilakukan yaitu adaptasi dan kompetensi. Beradaptasi dengan Society 5.0, Deka Dyah menegaskan kita perlu mengetahui perkembangan generasi (mengenal generasi). Istilah baby boomers yang dimaksud adalah tinggi tingkat kelahiran dari beberapa generasi mulai dari generasi x sampai dengan generasi ⍺ dimana terjadi transformasi peradaban manusia.

“ Seperti zaman kita dan zaman peserta didik MAN 2 Kota Malang saat ini pastinya berbeda, untuk menjawab tantangan Revolusi industri 4.0 dan Society 5.0 dalam dunia pendidikan diperlukan kecakapan hidup abad 21 atau lebih dikenal dengan istilah 4C (Creativity, Critical Thingking, Communication, Collaboration). Diharapkan para guru menjadi pribadi yang kreatif, mampu mengajar, mendidik, menginspirasi serta menjadi suri teladan, bagi peserta didik MAN 2” imbuh Deka.

Sementara itu menurutnya, di abad 21 kompetensi yang diharapkan dimiliki MAN 2 Kota Malang menghasilkan SDM unggul dengan beradaptasi di era society 5.0.

“Pendidik di MAN 2 Kota Malang harus memiliki kecakapan hidup abad 21 yaitu memiliki kemampuan leadership, digital literacy, communication, emotional intelligence, entrepreneurship, global citizenship, team working dan problem solving. Fokus keahlian bidang pendidikan abad 21 saat ini dikenal dengan 4C (Risdianto, 2019) yang meliputi creativity, critical thinking, communication dan collaboration,” tambahnya.(Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait