Kota Malang (MAN 2) — Setiap awal tahun pembelajaran bagi peserta didik baru MAN 2 Kota Malang akan diawali dengan masa orientasi atau pengenalan mengenai lingkungan madrasah kepada peserta didik yang baru diterima melalui penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Kegiatan ini dikenal dengan istilah “Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA)”. Pelaksanaan MATSAMA di MAN 2 Kota Malang tersebut akan diadakan selama tiga (3) hari ditambah satu (2) hari kegiatan OPENABA, dimulai hari senin s/d jumat, pada tanggal 10 – 14 Juli 2023 dan kegiatan OPENABA dilaksanakan hari kamis s/d jum’at 13-14 Juli 2023 di Dusun Sahabat Alam Kabupaten Malang dengan tema ”Being Qualified Students to Seize a Brighter Future in Society 5.0 Era”.

Hal ini sebagaimana yang disampaikan Kepala Madrasah Dr. H. samsudin, M.Pd yang menyampaikan pedoman penyelenggaran pendidikan Nasional dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016, dan tentang Pengenalan Lingkungan sekolah Bagi Siswa baru.

“Melalui kegiatan inilah, para peserta didik baru akan dikenalkan mengenai sistem pembelajaran, ciri khas, karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah. Sehingga keberadaan dari MATSAMA dan OPENABA 2023 ini akan turut menentukan berhasil atau tidaknya seluruh proses pembelajaran di Madrasah pada masa selanjutnya.” ucap Kamad Samsudin.

Selain itu Kamad mengatakan bahwa kegiatan MATSAMA dan OPENABA 2023 yang ada di MAN 2 Kota Malang ini tidak lepas dari visi dan misi Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia, yaitu mencetak generasi yang tidak hanya cerdas secara akal, tetapi juga matang secara spiritual dan berkarakter ke- Indonesiaan.

“Untuk itulah, seluruh rangkaian kegiatan MATSAMA dan OPENABA yang akan dilaksanakan di MAN 2 Kota Malang tidak lepas dari visi dan misi Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah yang bersifat edukatif yang mampu menumbuhkan kreatifitas dan inovasi kepada para peserta didik. Sehingga dalam pelaksanaannya, seluruh kegiatan Matsama diharapkan mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada para peserta didik baru.” ujar Kamad.

Menurut Kamad beberapa materi akan disampaikan kepada para peserta didik baru dalam kegiatan MATSAMA dan OPENABA 2023 di MAN 2 Kota Malang ada 7 macam.

“ Materi yang akan disampaikan diantaranya berkaitan dengan Kemadrasahan mulai dari pengenalan lingkungan, Kegiatan rutin, Fasilitas dan infrastruktur pendukung pembelajaran, Tata Tertib, Nilai dan norma yang berlaku, dan Kegiatan dan organisasi kesiswaan. Kemudian berkaitan dengan Karakter moderasi beragama dan kebangsaan, Budaya Digital, Manajemen, Mengelola Hati dan Pikiran Dalam Menghadapi Bullying, Program Unggulan dan Pramuka, semoga acara dapat berjalan lancar dan sukses atas ridho Allah SWT. ” Pungkasnya. (Tim Humas)

Kontak Panitia :

Matsama : +62 858-5613-2035 dan Openaba : +62 856-4677-1141

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait