Kota Malang (MAN 2) — MAN 2 Kota Malang menyelenggarakan pesta demokrasi pemilihan Wakil Kepala Madrasah (Wakamad)  periode tahun pelajaran 2023-2024 sampai dengan 2024-2025 pada jum’at (21/72023) kemarin. Pemilihan yang dihadiri langsung Kepala Madrasah Dr. H. Samsudin, M. Pd dan Dra. Hj. Chusnul Khotimah, M. Ag (Pengawas Satuan Pendidikan Kemenag Kota Malang) dan juga dihadiri seluruh guru yang berjumlah 82 orang tersebut dilaksanakan di Ruang Guru MAN 2 Kota Malang.

Dalam sambutan motivasinya Hj. Chusnul Khotimah. selaku pengawas Kemenag Kota Malang di MAN 2 Kota Malang memberi dukungan penuh terhadap proses Demokrasi pemilihan Wakil kepala madrasah yang di lakukan secara periodik sesuai dengan juknis dari Kemenag RI.

“Pemilihan Wakil Kepala merupakan upaya untuk menindaklanjuti amanah Keputusan Dirjen Pendis No. 1351 tahun 2020. Harapan saya praktik demokrasi seperti ini dan siapapun yang terpilih nantinya tetap dapat merawat kebersamaan dan peningkatan kompetensi serta kesuksesan di madrasah.” ujar Ketua Pokjawas Kemenag Kota Malang tersebut.

Sementara itu Kepala Madrasah, Dr. H. Samsudin, M.Pd berharap dengan pemilihan wakil kepala madrasah dapat terlaksana dengan baik dan suasana bergembira menyambut demokratisasi dua tahunan ini.

“ Untuk acara pemilihan wakamad ini merupakan implementasi Keputusan Dirjen Pendis No. 1531 tahun 2020 tentang Juknis Pengangkatan Guru yang diberi tugas sebagai wakil kepala madrasah, dan alhamdulillah Panitia sudah melaksanakan pemilihan secara demokratis dari tahapan awal sampai pemilihan, perhitungan surat suara, dan penetapan calon terpilih sebanyak 3 besar masing-masing bidang,” ucap Kamad.

Selain itu Kamad berharap dengan adanya proses pemilihan wakil kepala di madrasah, kedepan dapat menunjang program kerja madrasah menjadi lebih baik.

“Program kerja yang ada di madrasah dapat terlaksana sesuai periodisasi Wakamad. Sehingga satuan pendidikan menjadi sangat dinamis dan berkembang, karena tugas tambahan guru sebagai wakil kepala madrasah sudah berbatas waktu.” tambah H. Samsudin.

Usai Pemilihan, Kamad mengatakan bahwa pemilihan wakamad ini melalui tahapan-tahapan mulai dengan pembentukan panitia pemilihan, kemudian koordinasi pembekalan, penyusunan pedoman pemilihan, sosialisasi dan proses kegiatan pemungutan pemilihan calon wakil kepala madrasah berlansung dengan demokratis.

“Dalam penentuan pemilihan yang dilakukan oleh seluruh dewan guru berjumlah 82 orang, alhamdulillah hadir semua diruang guru madrasah untuk memilih formasi wakil kepala madrasah bidang akademik/kurikulum, wakil kepala bidang kesiswaan, wakil kepala bidang sarana prasarana, dan wakil kepala bidang humas dengan antusias dan suasana penuh keakraban serta demokratis,” ujarnya.

Tahapan berikutnya adalah  presentasi menyusun visi misi yang akan dilaksanakan akhir bulan juli 2023 .”Pada tahap presentasi ini masing-masing 3 calon masing-masing bidang akan diundang untuk babak terakhir untuk menentukan Wakil Kepala Madrasah yang terpilih untuk periode mendatang. ” Pungkasnya. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait