Kota Malang (MAN 2) — Seluruh bidang hubungan masyarakat (Humas) di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Malang melaksanakan kegiatan penguatan kehumasan pada Selasa (03/10/23). Acara tersebut dilaksanakan di Auditorium Gedung Sains Terpadu MAN 2 Kota Malang lantai IV. Acara ini dihadiri oleh berbagai pejabat struktural maupun fungsional dilingkungan Kemenag Kota Malang, diantaranya Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Kepala Seksi, Penyelenggara Syariah, Kepala Madrasah Negeri, Kepala KUA, dan delegasi SDM satuan kerja yang telah ditunjuk untuk mengikuti pengembangan diri bidang protokoler, MC dan Dirigen.

Drs. Mughni M. Ag selaku ketua panitia melaporkan maksud dan tujuan kegiatan ini dilaksanakan bahwa acara pengembangan diri ini dilaksanakan untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat dan peserta didik. Kemudian bertujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas layanan yang disediakan oleh Kantor Kementerian Agama Kota Malang bersama satuan kerjanya.

Dalam sambutan untuk membuka acara , Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang, Gus H. Achmad Shampton, S.HI., M.Ag, menyampaikan pentingnya ilmu keprotokolan dalam setiap acara atau kegiatan sebagai bagian cerminan dari etika dan adab sebuah institusi atau lembaga.

“Keprotokolan merupakan tata aturan pelaksanaan suatu acara atau kegiatan yang diadakan lembaga, dengan adanya keprotokolan yang baik, maka sebuah acara yang telah disusun tersebut dapat berjalan dengan lancar dan tertib.” ucap Gus.

Acara yang mendatangkan tiga tenaga praktisi profesional disesuaikan dengan delegasi yang di bagi menjadi tiga kelas utama, yaitu kelas dirigen, kelas pembawa acara, dan kelas keprotokolan yang sudah disiapkan ruangannya masing-masing.

Tenaga profesional untuk kelas dirigen dipandu oleh Lucky Agus Saputra, yang memberikan materi tentang pola dasar direksi, koordinasi tangan, dan implementasi proses belajar, dan seluruh peserta mendapatkan kesempatan untuk berlatih (praktik) secara langsung di kelas ini.

Kemudian untuk kelas pembawa acara dipimpin oleh Esty Sulistya dari RRI Kota Malang. Para peserta diajarkan mulai dari teori hingga teknik penyampaian pidato, cara membaca teks pidato, dan cara memandu acara dengan baik, dan peserta kelas ini juga diajak untuk praktik langsung dalam memandu sebuah acara sampai dengan menutup dan pantun.

Terakhir, untuk kelas keprotokolan dipandu oleh Evi Novita dari Protokoler Pemerintah kabupaten Malang. Pada sesi ini seluruh peserta diberikan pemahaman tentang tata tertib acara, tata cara penyambutan tamu, dan tata cara penghormatan hingga berakhir sebuah acara.

Kegiatan ini berakhir pada pukul 13.00 Wib. Harapanya seluruh peserta di tiga bidang tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan peserta dalam bidang kehumasan, sehingga mereka dapat menjadi humas yang profesional dan memberikan informasi yang akurat serta bermanfaat kepada masyarakat. Melalui penguatan kehumasan ini, Kantor Kementerian Agama Kota Malang berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan menjaga adab keprotokoleran dalam setiap kegiatan yang dilakukan.(Tim Humas)

 

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait