Kota Malang (MAN 2) — Program Kementerian Keuangan Mengajar (Kemenkeu Mengajar atau KM) Tahun 2023 dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang pada hari Senin (23/10/23). Kegiatan Kemenkeu Mengajar tersebut diawali dengan ceremony acara di Aula Madrasah, kemudian dilanjutkan dengan acara di tiga belas ruang kelas XI yang sudah disiapkan oleh bidang Kurikulum Madrasah.

Pada acara Kemenkeu mengajar ini, hadir pejabat dari Kemenkeu diantaranya Wildcard (Pejabat eselon 3 keatas Kemenkeu) adalah RM Agus Eka Widjaya (Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Kanwil DJBC Jawa Timur II), kemudian VVIP (dari SMV Kemenkeu) Kabul Wijayanto selaku Direktur Perencanaan Dan Pengelolaan Dana BPDPKS, Adi Sucipto sebagai Kepala Divisi Umum dan Sumber Daya Manusia BPDPKS, dan Moch Annas Khozin Muhtar sebagai pelaksana Divisi USDM BPDPKS serta Arif Masetyo Putro selaku Relationship Manajer PT Sarana Multi Infrastruktur dan 26 orang yang bertugas sebagai relawan di kelas tersebut disambut langsung Kepala Madrasah Dr. H. Samsudin, M.Pd didampingi Waka Kurikulum Anita Yusianti, M.Pd beserta tim Manajemen Madrasah lainya.

Acara Kemenkeu Mengajar tersebut diadakan di kelas XI, dengan dihadiri oleh para relawan Kemenkeu sebagai pengajar. mereka memberikan dan memperkenalkan Materi Bidang Kurikulum KM 8, sekaligus mengedukasi peserta didik tentang peran fungsi kementerian terkait selama ini dalam mendukung segala bidang pembangunan fisik dan non fisik di Indonesia disampaikan di hadapan para peserta didik MAN 2 Kota Malang.

Waka Kurikulum Anita Yusianti, M.Pd menjelaskan bahwa Giat Kemenkeu Mengajar yang dilaksanakan saat ini dalam upaya memberikan pengetahuan terkait peran Kementerian Keuangan dalam upaya menjaga ekonomi Indonesia dengan materi disampaikan ringan dan menyenangkan.

“Pada pelaksanaan kegiatan Bidang Kurikulum KM 8 ini juga para peserta didik diberikan literasi mengenai pengelolaan keuangan negara, manfaat APBN dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.” Ucap Wakakur.

Menurut Wakakur, Tujuan dari program yakni  mengenalkan Kementerian Keuangan bagi peserta didik kelas XI, demi memahami peran Kementrian tersebut yang berperan aktif dalam Pembangunan di Tanah Air

“ Kemenkeu Mengajar ini, menyampaikan informasi terkait bagaimana kementerian keuangan mengelola APBN. APBN bagaimana bisa menjadi penopang pertumbuhan ekonomi di Indonesia dan di sampaikan juga kepada peserta didik agar memiliki mimpi yang besar membangun NKRI ini salah satunya bisa berkarya, bekerja di kementerian keuangan dan ada materi dengan memberikan motivasi bagaimana mengelola keuangan.” Jelas wakakur

Sementara itu Kepala Madrasah H. Samsudin mengapresiasi kegiatan Kemenkeu Mengajar sangat penting bagi peserta didiknya untuk dapat mengetahui materi dan referensi berkaitan dengan Tusi Kemenkeu.

“ Alhamdulillah anak-anak diberikan materi baru berkaitan dengan apa saja yang dilakukan Kemenkeu selama ini, apalagi sebelum acara dilakukan para relawan yang berada di kelas melakukan evaluasi berupa pretest dan post test dengan soal yang telah disediakan , dan nantinya hasil akan di evaluasi dan direkap,” ucap Kamad.

Kamad menambahkan bahwa Kemenkeu Mengajar ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun dan dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia, dalam bentuk mengajar kepada peserta didik selama satu hari di Lembaga pendidikan di Indonesia.

“Terima kasih kami sampaikan atas terpilihnya MAN 2 Kota Malang sebagai tempat Kemenkeu Mengajar, semoga kegiatan ini, sebagai peningkatan kualitas Pendidikan bagi anak-anak kami, karena ilmu baru yang didapat ini nantinya akan bisa mengantarkan ke kehidupan yang lebih baik lagi,” Pungkas Kamad. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait