Kota Malang (MAN 2) – Kegiatan tahunan rutin peringatan Bulan Bahasa selalu dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 2 (MAN 2) Kota Malang, tak terkecuali pada hari ini, Jum’at 27 Oktober 2023, Panitia Madrasah telah mempersiapkan Pembukaan Bulan Bahasa (Bulbas) 2023 sehari sebelumnya. Kegiatan pembukaan Bulbas 2023 dibuka oleh Kepala MAN 2 Kota Malang Dr. H. Samsudin, M.Pd. didampingi para wakil kepala madrasah dan GTK MAN 2 Kota Malang.

Pada tema acara Bulbas 2023 “Tingkatkan Kreativitas, Perkuat Integritas, Berkarya Tanpa Batas”, dengan tujuan kegiatan adalah Memperingati Bulan Bahasa sekaligus Hari Sumpah Pemuda di Indonesia dan menjadi ajang apresiasi dan kreasi siswa dalam bidang sastra, bahasa, dan IPTEK serta menunjukkan bahwa kita bangga menjadi anak Indonesia yang berbahasa Indonesia. Kemudian Jargon kali ini adalah “Satukan konstelasi, ciptakan inovasi.

Acara ini pun disambut sangat meriah oleh seluruh GTK Madrasah dan Peserta Didik kelas X dan XI, Apalagi acara bulan bahasa tahun ini dimeriahkan dengan kegiatan bazar kelas X hingga kelas XI. Acara pembukaan bulan bahasa ini diawali dengan penampilan acoustic dengan MAN 2 Kota Malang dengan menyanyikan lagu Jawa Timur-an.

Setelah itu dilanjutkan dengan acara ceremony pembukaan oleh Dr. H. Samsudin, M.Pd selaku Kepala MAN 2 Kota Malang yang menyampaikan ajakan kepada seluruh yang hadir untuk melestarikan semangat Sumpah Pemuda dan semangat bangkit bersama dalam berbagai kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra dengan mengetahui berbagai suku, bahasa, budaya dan pulau agar kita dapat mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

” Untuk menanamkan kepada kita semua untuk menghargai kekayaan bangsa dan apa yang dimilikinya bangsa kita berupa Bahasa dan Budaya, serta Suku yang ada di Kepulauan Indonesia, maka kita wajib serta untuk ikut melestarikan segala yang ada di dalamnya, agar semua warga negara dapat menikmatinya.” ucap Kamad

Menurutnya, pada Kongres Bahasa Indonesia (KBI) XII akan diselenggarakan pada tanggal 25 sampai 28 Oktober 2023. Ini merupakan forum tertinggi yang membahas masalah kebahasaan dan kesastraan di Indonesia.

“Tujuan Kongres Bahasa Indonesia adalah untuk menentukan arah kebijakan pengembangan dan pembinaan bahasa di Indonesia, khususnya bahasa Indonesia dan bahasa daerah yang ada di Indonesia.” ujarnya.

Pada acara pembukaan Bulbas 2023 ini, di sekitar acara dihiasi berbagai macam pernak-pernik dan dimeriahkan dengan kembang api yang sudah disiapkan oleh panitia jurusan bahasa. Pada pemotongan pita dekor oleh Kamad sebagai tanda resmi dibukanya acara bulan bahasa tahun 2023 di MAN 2 Kota Malang. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait