Hadir Sebagai Inspirasi

Kota Malang — Usai mengikuti apel bersama, dilanjutkan Welcoming Ceremony International Interns AIESEC To MAN 2 Kota Malang, Pada hari Senin, tanggal 05 Februari 2024 di Auditorium Gedung Sains Terpadu Lantai IV MAN 2 Kota Malang. Acara penyambutan internasional AIESEC (Association Internationale des étudiants en sciences économiques et commerciales) ini dihadiri Kepala Kantor Kemenag Kota Malang H. Ahmad Shampton, S.Hi, M.Ag. didampingi Kepala Madrasah Dr. H. Samsudin, M.Pd, Kepala TU, Wakamad, Ketua LDC, Ketua P2MM, para guru Bahasa Inggris dan TOEFL, guru BK, pengurus 5 Club Bahasa Asing, Ketua OSIS, Ketua OSIMA, dan perwakilan kelas X dan XI serta 3 Interns Tim AIESEC UMM.

Susunan Acara Welcoming Ceremony antara lain Pembukaan, Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Penampilan Tari Saman, Laporan dari ketua LDC, Sambutan dari perwakilan AISEC, Sambutan dari Kepala Madrasah, Sambutan dari Kepala Kemenag, Doa, Foto bersama dan Ramah Tamah tersebut berlangsung tertib dan menarik bagi 3 Interns Tim AIESEC UMM yang bernama Nguyen Quo Vu dan Dinh Phuong dari Vietnam dan Zaharah Puteri dari Malaysia.

Pada sambutan pertama, Ketua LDC H. Ahmad Thohir Yoga, M.Pd, M.Ed menyampaikan bahwa salahsatu program unggulan Madrasah adalah  MAN 2 Kota Malang Menjelajah Dunia (MADU MANJA). “Inisiatif mendatangkan kembali guru tamu asing ke MAN 2 Kota Malang merupakan bagian dari komitmen untuk menjalankan amanah program inovasi MADU MANJA dengan membuka akses dan pengalaman langsung dengan guru tamu asing. Diharapkan dengan program Internship AIESEC ini peserta didik MAN 2 Kota Malang bisa memiliki wawasan global dan semakin siap menjadi bagian dari masyarakat dunia.” Kata Mr. Yoga panggilan akrab yang juga sebagai guru mata pelajaran Bahasa Inggris di Madrasah.

Dalam sambutan yang Kedua, Kepala Madrasah Dr. H. Samsudin menyampaikan bahwa program guru tamu asing di madrasah kali ini akan menambah motivasi tersendiri, setelah beberapa tahun tidak dilakukan karena pandemi. “Kehadiran guru tamu dari Malaysia dan vietnam ini hrs dimanfaatkan dengan sebaik2 nya oleh ana-anak sebagai bekal menjadi pemimpin masa depan yang berwawasan global.” Ucap Kamad.

Kamad juga menjelaskan salah satu tujuan kunjungan ke MAN 2 Kota Malang ini adalah untuk melaksanakan pembelajaran dengan mengajarkan nilai-nilai kepemimpinan, tanggung jawab sosial dan pemahaman antar budaya. ” Tiga guru tamu ini akan berinteraksi dengan peserta didik Madrasah selama 6 minggu, yang akan membawa misi wawasan dunia dan perdamaian, dan pastinya menceritakan budaya dari negara asalnya.” ungkap Kamad.

Sementara itu dalam sambutanya,  Kepala Kemenag Kota Malang Gus Shampton sapaan akrabnya, menyampaikan dengan hadirnya tiga guru AIESEC di  Madrasah menyambut dengan sangat baik program yang di gawangi oleh LDC MAN 2 Kota Malang.

“Di era saat ini, kita harus membuka diri seluas luasnya tanpa batasan wilayah maupun negara lagi. Semangat saling belajar, saling menghargai, saling memahami, dan saling berkolaborasi harus digelorakan melalui program-program pertukaran budaya dan pengetahuan seperti yang dilakukan di MAN 2 Kota Malang.” Sambut Gus Shampton senang.

Ia juga menyampaikan bahwa keberagaman umat manusia bisa ditemukan di seluruh penjuru dunia, baik dalam hal kebangsaan hingga perbedaan warna kulit. Allah SWT ciptakan bukanlah supaya terpecah belah, melainkan dengan tujuan lain yang disebutkan dalam Surat Al-Hujurat ayat 13 Yā ayyuhan-nāsu innā khalaqnākum min żakariw wa unṡā wa ja’alnākum syu’ụbaw wa qabā`ila lita’ārafụ, inna akramakum ‘indallāhi atqākum, innallāha ‘alīmun khabīr. “ Bahwa Allah SWT sengaja menciptakan perbedaan antara manusia satu dengan yang lain untuk saling mengenal, belajar, berkembang, dan saling memberi manfaat. Perbedaan di antara manusia merupakan salah satu bentuk rahmat dari Allah SWT yang harus disyukuri dan dimanfaatkan demi kemaslahatan bersama.” Pungkasnya. #KementerianSemuaAgama

Tim Humas

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait