Kota Malang (Humas) – Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang Dr. H. Samsudin , M.Pd pada Kamis (16/2/24) siang kemarin, mengadakan kunjugan ke Laboratorium Terpadu Universitas Negeri Malang (UM). Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Prof. Dr. Hadi Nur selaku Ketua Laboratorium Terpadu UM beserta jajaranya pukul  12.30 WIB di Ruang 202B Gedung Kuliah Bersama A19 UM. Kunjungan Kepala Madrasah yang didampingi Waka Kurikulum Anita Yusianti, M.Pd. Waka Kesiswaan Ali Mukti, M.Pd., Dr. Gunawan MA., Kepala TU Moch. Arif , S.Ag. serta perwakilan Tim Humas Sugeng Winarto, M.Pd bertujuan mengadakan undangan koordinasi kerjasama program pengenalan laboratorium pada Siswa.

Dalam kesempatan mengikuti observasi laboratorium, Prof. Dr. Hadi Nur menjelaskan bahwa Laboratorium Terpadu UM adalah unit yang membidangi dan mengkoordinasikan laboratorium di Universitas Negeri Malang (UM). “Saat ini, Laboratorium Terpadu UM  mengkoordinir empat laboratorium: Center of Advanced Materials for Renewable Energy (CAMRY), Central Laboratory of Minerals and Advanced Materials (CLMAM), Disruptive Learning Innovation (DLI), dan Halal & Health Laboratory (HHL) dengan fasilitas terbaik yang dimiliki perguruan tinggi di Indonesia.” Ucap beliau.

Menurut Prof. Hadi bahwa Laboratorium Terpadu tersebut dilengkapi dengan laboratorium penelitian modern dan fasilitas instrumental yang dibeli menggunakan dana dari  bantuan Islamic Development Bank (IsDB). “ Alhamdulillah, Lab UM ini terdapat beberapa peralatan yang merupakan satu-satunya peralatan di Indonesia, seperti spektometer Single Crystal X-Ray Diffraction yang berfungsi untuk mengkarakterisasi struktur kristal.” Jelas beliau, yang juga sebagai walimurid MAN 2 Kota Malang.

Maka dari itu, harapanya kedepan Laboratorium dapat digunakan sebamaksimal mungkin. “Peralatan canggih yang  membutuhkan investasi besar ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan penelitian di Universitas Negeri Malang (UM) dan siswa MAN 2 Kota Malang,  dalam mendukung inovasi penelitian yang bermanfaat bagi generasi penerus bangsa dan negara yang berkualitas” Harapanya.

Harapanya kedepan, siswa Madrasah Terpadu Kota Malang yang terdiri dari MIN 1, MTsN 1 dan MAN 2 Kota Malang menjadi Jalur Sutera bagi pengembangan ilmu sains yang excellent. “Kedepan dalam ekosistem perlu membuat program suport kegiatan kerjasama antara MAN 2 dan UM, yang harapanya kedepan input UM dari siswa MAN 2 Kota Malang yang sudah dikenal bagus akan prestasinya.” Ujarnya.

Sementara itu dalam sambutanya Kepala Madrasah Dr. H. Samsudin menyampaikan koordinasi kerjasama program pengenalan laboratorium pada Siswa ini diharapkan dapat di tindaklanjuti oleh para guru dan siswa madrasah. “Kerjasama strategis kedepan dalam waktu dekat ini, kami akan memanfaatkan laboratorium terpadu UM untuk mendukung siswa dalam kegiatan lomba seperti OPSI, Myres dan lomba riset lainya, semoga hal ini akan dapat menghasilkan riset yang kredibel, dan siswa madrasah semakin mengenal lebih dekat UM sebagai tetangga dekatnya,” pungkas Kamad. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait