Kota Malang (Humas) – Pada hari Selasa (05/03/2024) pagi ini, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang mendapat rombongan kunjungan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Universitas Islam Negeri Salatiga Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Bahasa Arab & Tadris Matematika sejumlah 150 mahasiswa dan 14 dosen pendamping. Hadir dalam rombongan tersebut Dr. Faturrahman, M. Pd diterima langsung oleh Kepala Madrasah Dr. H. Samsudin, M, Pd didampingi Waka Humas Miftachul Ula, BISS, M. Ag serta Tim Humas Madrasah. Maksud dan tujuan kunjungan KKL adalah melihat dari dekat profil MAN 2 Kota Malang dengan segala proses pembelajaran dan proses prestasinya.

Dalam sambutanya, Dr. Faturrahman yang mewakili Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Universitas Islam Negeri Salatiga Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Bahasa Arab & Tadris Matematika menyampaikan bahwa MAN 2 Kota Malang adalah Madrasah yang telah terbukti prestasinya di Indonesia, kedepan dengan adanya Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ini mahasiswa kami bisa mengetahui proses lembaga yang berprestasi akademik dan non akademik.

“ Alhamdulillah kali ini kami bisa Silaturahmi dan mendampingi mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan Universitas Islam Negeri Salatiga Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Bahasa Arab & Tadris Matematika di MAN 2 Kota Malang yang mempunyai segudang prestasi di Indonesia, dan tentunya harapan kami, kunjungan KKL para mahasiswa ini kedepan bisa menjadi teladan yang baik dalam segala hal termasuk ketika mereka nanti mengelola sebuah lembaga pendidikan.’’ Faturrahman yang menjadi ketua rombongan.

Sementara itu Kepala Madrasah H. Samsudin menyampaikan selamat datang kehadiran rombongan tamu Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Universitas Islam Negeri Salatiga, sekaligus memaparkan tentang profil dah prestasi MAN 2 Kota Malang secara umum dan terbaru tahun 2024, serta menjelaskan MAN 2 Kota Malang sebagai salahsatu Madrasah Akademik, Model dan Madrasah Terpadu adalah sebagai motivasi madrasah dalam meraih prestasi.

“Alhamdulillah MAN 2 Kota Malang sebagai salah satu Madrasah unggulan dan sekaligus sebagai salah satu madrasah pilot proyek nasional sebagai diantaranya sebagai Madrasah Terpadu, Madrasah Model, Madrasah Akademik dan Madrasah unggulan dibidang riset, saat ini dengan segala prestasi nasional dan internasional nya mampu meluluskan alumninya di berbagai perguruan tinggi favorit dalam negeri dan PT luar negeri yang senantiasa berusaha mewujudkan apa yang menjadi harapan pemerintah dan masyarakat melalui serangkaian kegiatan dan program kerja yang berorientasi kepada peningkatan kualitas dan daya saing lulusan.” jelas Kamad.

Menurut Kamad, bahwa madrasah selama ini telah meraih prestasi seperti OSN yang diadakan oleh Kemendikbud Ristek dan KSM, Myres, Robotik dan lainya yang diadakan oleh Kemenag selama ini tidak lepas dari inovasi strategi yang di rancang oleh Madrasah. ” Proses prestasi di mulai dari seleksi penerimaan peserta didik baru, kemudian melaksanakan program unggulan dan inovasi pembelajaran di dalam maupun diluar kelas dengan penanganan secara baik dan serius.” Ucap Kamad.

Kamad mengatakan beberapa inovasi strategi yang telah dilakukan oleh Tim Akademik dalam mengelolah dan mendukung program unggulan Madrasah selama ini telah menghasilkan prestasi sampai dengan Studi lanjut di perguruan tinggi dalam dan luar negeri tersebut tidak lepas dari peran Kolaborasi yang baik dari seluruh GTK dan kerjasama Komite yang baik selama ini.

” Dalam pelaksanaan proses prestasi selama ini tidak lepas dari wasilah program unggulan Madrasah diantaranya INSAN PRO, MADUMANJA dan EDU PANDA bagi peserta didik MAN 2 Kota Malang tidak lepas dari optimalisasi peran GTK Madrasah dan Komite Madrasah, dengan ikhtiar tersebut dapat menghasilkan capain banyak prestasi yang diraih anak-anak seperti OSN, KSM sampai pintu masuknya untuk studi lanjut di perguruan tinggi dalam negeri dan berbagai negara selama ini, maka perlu disiapkan sejak seleksi peserta didik baru dan pendampingan yang intensif dari guru dan pengasuh serta suport dari Komite Madrasah.” Jelas Kamad.

Kamad juga menyampaikan bahwa awal kunci prestasi yang sudah diraih peserta didik. ” Prestasi kami melalui sosialisasi jalur prestasi dan undangan di PPDB dan selanjutnya ditampung Program Unggulan INSAN PRO melalui pendampingan peserta didik melalui program Kelas Olimpiade, Internalisasi Ke Islaman dan Sains, Pemberdayaan Alumni dan Champions Patnership yang berkolaborasi dengan Kemahadan untuk karakter yang Beraklaqul karimah.” ujar Kamad.

Selanjutnya, Kamad menyampaikan dalam menghadapi kompetisi dan perlombaan perlu ada strategi yang disiapkan dengan baik melalui karantina dengan pendampingan guru dan pelatih dari alumni yang berprestasi.

“Dalam meraih prestasi Olimpiade dan riset selama ini tidak lepas dari suport penuh seluruh keluarga besar Madrasah dan tentunya juga Komite Madrasah, dan pendampingan dari para alumni yang berprestasi melalui karantina.” Kata Kamad.

Ia juga menyampaikan pembinaan yang rutin dan tersistem dengan baik akan menambah kepercayaan diri peserta didik dalam menghadapi setiap event.

” Alhamdulillah pendampingan dan pembinaan mata pelajaran dan spiritual yang rutin dan tersistem selama ini dilakukan dengan baik, untuk menambah kepercayaan diri peserta didik dalam menghadapi setiap perlombaan dan menambah kesuksesan dalam karirnya.” Pungkasnya.

Dalam sesi tanya jawab tersebut, Wakahumas melayani setiap pertanyaan yang disampaikan oleh mahasiswa KKL UIN Salatiga hingga akhir acara. (Tim Humas)

 

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait