Kota Malang (Humas) — Pada hari Jum’at (15/03/24) pagi tadi Language Development Center (LDC) MAN 2 Kota Malang mengadakan Farewell Ceremony Internasional Interns AIESEC To MAN 2 Kota Malang di Auditorium Gedung Sains Terpadu Lantai IV Madrasah. Hadir dalam acara tersebut Kepala Madrasah Dr. H. Samsudin, M.Pd didampingi H. Ahmad Thohir Yoga, M. Pd, M. Ed selaku Ketua LDC, Ali Mukti, M. Pd Wakamad Kesiswaan, Anita Yusianti, M. Pd, Waka Kurikulum dan Wakahum Miftachul Ula, BISS, M.Ag, sekaligus ketiga guru intern dari Vietnam Ms. Tofu: Đinh Thu Phương dan Mr. Edward: Nguyễn Quốc Vũ dan Ms. Erry: Puteri Zaharah dari Malaysia bersama perwakilan Pengurus Forum Language Development Center (LDC) dan peserta didik MAN 2 Kota Malang.

Dalam pengantar Farewell Ceremony, Aisyah Laras sebagai MC mengatakan Setelah 6 pekan bekerja keras untuk proyek AIESEC YOUTH 4 IMPACT bersama ketiga guru intern dari Vietnam dan Malaysia. ” Alhamdulillah kini telah sampailah akhirnya pada penghujung jalan. Namun tidak berakhir disini ajang petualangan bagi peserta didik MAN 2 Kota Malang untuk menggali pengetahuan tentang SDG (Sustainable Development Goals) dan perihal internasional, tetapi akhir dari petualangan ini adalah permulaan dari petualangan yang baru.” ucapnya.

Ketua LDC H. Ahmad Thohir Yoga, M.Ed melaporkan Farewel Ceremony hari ini bukanlah akhir dari kolaborasi kita dengan mitra guru internasional seperti Exchange Participants (EP) dari AIESEC tapi menjadi awal dari kolaborasi-kolaborasi lain di masa yang akan datang. “Program Guru Tamu Asing ini menjadi sangat penting bagi peserta didik MAN 2 Kota Malang untuk mendapatkan akses terhadap pengetahuan dan best practice terkait dengan isu global yang terangkum dalam diskusi dan penerapan nilai2 UN Sustainable Development Goals (SDGs).” Jelasnya.

Menurut Mr. Yoga panggilan akrab ketua LDC menjelaskan Testimoni oleh peserta maupun guru tamu asing menunjukkan kesuksesan program AIESEC. “Alhamdulillah program yang telah berjalan selama enam (6) pekan ini berhasil membuka wawasan global peserta didik dan telah menumbuhkan bonding lintas budaya yang kuat sekaligus menjadi bagian dari real action program inovasi MADU MANJA.” Ucap Mr. Yoga yang memperoleh gelar S2 nya di Ohio University USA.

Pada “Farewell Ceremony” yang penuh canda tawa dan air mata tersebut, sesi perwakilan peserta didik mendapat kesempatan untuk menyampaikan segala manis pahit dari kegiatan ini. Setelah para guru intern memberikan “Farewell Gifts” . Perwakilan testimoni, pertama Humaira kelas X MIPA 2 mengatakan “Farewell Ceremony” yang menyampaikan, “sudah seharusnya permasalahan sosial seperti ini diperkenalkan pada publik, dan ditindaklanjuti secara berproses sesuai dengan kapasitas masing-masing.” ucapnya. Dilanjutkan testimoni Farell dari X MIPA 2 mengatakan,” Mengikuti proyek ini sangat membantu dalam mengenal permasalahan dan mengimplementasikan SDG dalam kehidupan.” Katanya. Kemudian Alif dari kelas X MIPA 3 menyampaikan testimoni ketiga,” Kesempatan seperti ini adalah suatu hal yang sangat berharga dan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.” ujarnya.

Perwakilan AIESEC UMM Bimo Suryo memiliki pesan yang juga sangat penting.”Membangun koneksi dan pertemanan dalam kegiatan sosial seperti ini sangat penting. Dan perpisahan maupun berakhirnya suatu hal bukan menjadi alasan untuk berhenti berprogres. Dan sebagai seseorang yang baik kita harus bisa memulai perubahan positif dari diri kita sendiri.” jelasnya.

Pada Sambutan terakhir, Kepala Madrasah H. Samsudin mengharapkan adanya Proyek AIESEC YOUTH 4 IMPACT di MAN 2 Kota Malang ini sebagai momentum untuk menambah ilmu dan wawasan internasional. “Alhamdulillah kita harus bersyukur bahwa kesan pesan dari ketiga guru intern dari Vietnam Ms. Tofu dan Mr. Edward dari Malaysia Ms. Erry menyampaikan bahwa anak-anak MAN 2 Kota Malang mempunyai sopan santun dan karakter baik.” Bangga Kamad.

Beliau tidak lupa menyampaikan ucapan terimakasih atas aktivitas ketiga guru tersebut. ” Atas nama madrasah, kami mengucapkan terimakasih selama di madrasah telah memberikan kesan yang cukup baik, dan pastinya anak-anak dapat mengetahui wawasakn budaya luar negeri, dan kedepan aktivitas akan diprogramkan lebih mendunia dalam mengawal program unggulan MADU MANJA, apalagi tidak semua madrasah mempunyai kesempatan dalam acara internasional seperti ini.” ucap Kamad.A

Aisyah LK selaku MC menutup acara, mengatakan bahwa proyek ini adalah suatu hal yang tidak hanya akan dikenang sebagai “tugas” atau sekedar “proyek sosial”. Akan tetapi proyek ini adalah sesuatu yang jauh lebih besar. “Bagi siswa-siswi MAN 2 Kota Malang proyek ini telah menjadi tempat untuk berkembang, menyampaikan ide dan gagasan, dan membangun team building serta ikatan antara satu sama lain. Adanya proyek ini adalah kesempatan emas bagi mereka untuk menjadi dirinya yang terbaik untuk membawa nama sekolah sembari berusaha mencari solusi untuk masalah dalam komunitas..” Pungkasnya,

Acara pun berlangsung dengan baik hingga di penghujung “Farewell Ceremony”, dimana canda tawa dan percakapan terakhir antara guru intern dan peserta didik MAN 2 Kota Malang berlangsung suka cita bercampur sedih. Sebagian dari mereka meneteskan air mata dan sebagian lainnya berusaha mengabadikan momen terakhir bersama-sama. Acara ini berakhir dengan sesi foto bersama serta pemberian cinderamata kepada guru intern oleh bapak Kepala Madrasah. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait