Kota Malang (M2KM) — Pada hari Kamis (02/05/24) ini, nampak sejak pagi Kepala Madrasah Dr. H. Samsudin, M. Pd. bersama seluruh guru dan tenaga kependidikan serta peserta didik memakai seragam budaya Indonesia. Hal ini dilakukan adalah dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024. Selain Upacara Bendera Peringatan Hardiknas 2024, kegiatan tersebut sekaligus memperingati Hari Kartini. Selanjutnya, usai upacara seluruh peserta didik dapat mengikuti pameran Science Fair 24.

Sementara itu Mrs. Anita Yusianti, M.Pd Wakil Kepala bidang Kurikulum yang bertindak sebagai Pembina Upacara menyampaikan pesan sekaligus membacakan teks pidato Mendikbudristek tentang peringatan Hardiknas 2024 yang diperingati pada 2 Mei 2024 mengambil tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”.
“Pada peringatan Hardiknas tahun 2024 ini juga sekaligus diadakan untuk menetapkan Mei 2024 sebagai bulan Merdeka Belajar. Sebagai catatan, Merdeka Belajar merupakan kebijakan Kemendikbudristek untuk mentransformasi pendidikan demi menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan memiliki profil pelajar Pancasila yang dilatarbelakangi sosok luar biasa di dunia pendidikan Indonesia, Ki Hadjar Dewantara.” Jelas Mrs. Anita panggilan akrabnya.

Menurutnya, momentum sekarang yang diperingati dengan penyelenggaraan upacara bendera sebagai upaya mengingat kembali filosofi dari nilai perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam menegakkan fondasi pendidikan di Indonesia.

” Anak-anak harus bisa memahami semboyan pendidikan yang Ki Hajar Dewantara, yaitu Ing ngarso sung tulodo, Ing madyo mangun karso, Tut wuri handayani yang berarti figur seseorang yang dapat menjadi pemimpin yang baik adalah di samping menjadi suri tauladan atau panutan, juga harus mampu menggugah semangat dan memberikan dorongan moral bagi orang-orang di sekitarnya untuk menjadi lebih baik, sehingga menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama.” ujarnya.

Kemudian dalam sambutan tambahanya, Mrs. Anita mengingatkan peran dan dan sosok RA. Kartini dengan menilai peringatan Hari Kartini pada 21 April menjadi momentum bagi para perempuan di Indonesia untuk terus mengembangkan diri dan memperluas ilmu pengetahuan. “Dengan semangat Kartini, kita sebagai perempuan Indonesia diajak untuk terus mengembangkan diri, memperluas ilmu pengetahuan, seluas-luasnya” kata Anita.

Dia juga menjelaskan peringatan Hari Kartini juga menjadi momentum bagi para peserta didik untuk meningkatkan pengembangan dirinya untuk lebih baik dengan rajin belajar dan memperbaiki akhlak yang lebih baik lagi.

“Peserta didik harus terus meningkatkan kemampuan yang dimilikinya agar mampu menghadapi tantangan yang ada di setiap perkembangan zaman. tantangan yang harus dihadapi, seperti kesenjangan gender, akses terhadap pendidikan, dan kesempatan kerja dengan lebih sungguh-sunguh,” kata Mrs. Anita.

Pada sambutan terakhirnya Mrs Anita, mengamanahkan kunci kesuksesan dalam belajar bagi peserta didik. ” Untuk meraih kesuksesan bagi anak-anak “Man Jadda Wajada” yang artinya kalian dituntut untuk bersungguh–sungguh dalam belajar , Insyaallah pasti berhasil. dan “Man Shabara Zhafira” yang artinya kalian untuk bisa bersabar dalam menjalankan tugas belajar ini, Insyaallah pasti akan beruntung. Selanjutnya Man Sara Ala Darbi Washala yang artinya kalian yang berjalan di jalur-Nya akan sampai ke tujuan (kesuksesan).” Harapan Mrs. Anita. (Tim Humas)

Berikut link download logo dan pedoman peringatan Hardiknas 2024: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2024/04/pedoman-peringatan-hari-pendidikan-nasional-tahun-2024

 

 

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait