Kota Malang (M2KM) — Pada Jum’at (03/05/24) siang, MAN 2 Kota Malang mendapatkan kunjungan internasional dari guru besar Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia. Kunjungan guru besar tersebut adalah Prof. Dr. Faridah Hanim Yahya Guru Besar dari Fakultas Matematika diterima langsung Kepala Madrasah Dr. H. Samsudin, M.Pd. didampingi wakil kepala madrasah, dan disambut guru mata pelajaran Matematika MAN 2 Kota Malang di Mini hall Madrasah. Maksud kunjungan adalah sharing dan dialog interaktif teknik dan permasalahan bidang Matematika saat ini.

Kunjungan Prof. Dr. Faridah Hanim Yahya yang didampingi  Dr. Abdusakir dari Kaprodi Matematika UIN Maliki tersebut, dalam dialog interaktifnya, mempresentasikan profil singkat jurusan matematika UPSI dan problematika siswa di Malaysia belajar ilmu matematika. “Masalah siswa Malaysia ditingkat SMA dalam belajar matematika, hanya bisa menghafalkan rumus saja, dan ini terdapat hambatan belajar matematika yang dapat dikategorikan ke dalam faktor internal dan eksternal, diantaranya siswa malas belajar, pandangan yang kurang tepat terhadap pelajaran matematika, kondisi kelas yang tidak kondusif dan pengaruh yang buruk dari lingkungan sekitar.” Kata Prof Faridah.

Menurutnya, semangat keilmuan Matematika diharapkan peserta didik tak hanya mendengarkan pembelajaran dikelas saja, namun juga Guru diharapkan bisa mengajak aktif berdiskusi peserta didiknya, dan selanjutnya diberi tugas untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. ” Pendekatan pembelajaran matematika berbasis masalah, dan aplikasinya dalam berbagai pengaturan pendidikan diharapkan peserta didik dapat memperluas pemahaman tentang pembelajaran matematika sambil mendorong kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah.” ujarnya, disampaikan dihadapan guru.

Sementara itu Kepala Madrasah H. Samsudin menyabut dengan senang atas kehadiran guru besar salahsatu universitas terbaik di Malaysia ini.  “Harapan kami dengan kunjungan ini bisa membuka ilmu baru pada bidang Matematika.” kata Kamad.

Menurut Kamad dengan adanya kunjungan ini diharapkan , guru besar tersebut juga dapat mengetahui prestasi olimpiade matematika dan lainnya di madrasah kita. “Semoga kunjungan ini dapat menjadikan kesempatan untuk memperkuat kerjasama madrasah dan UPSI dimasa yang akan datang, dengan membuka jalan bagi peserta didik dalam studi lanjut dan memberikan kesempatan untuk memfasilitasi bagi siswa dan guru madrasah, siapa tahu mendapatkan beasiswa disana.’ Harapan Kamad. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait